SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

1.765 Surat Suara untuk Karimun Rusak

  • Reporter:
  • Selasa, 19 Maret 2019 | 13:47
  • Dibaca : 152 kali
1.765 Surat Suara untuk Karimun Rusak
ilustrasi

KARIMUN– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun telah menyelesaikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum Serentak Pilpres dan Pileg pada 17 April mendatang. Dari pendataan dilakukan tim, sebanyak 1,765 surat suara ditemukan rusak.

Surat suara yang mengalami kerusakan terbanyak didapati pada surat suara untuk pemilihan legislatif DPR RI dengan jumlah mencapai 1.081 lembar. Sementara untuk lainnya seperti DPRD Provinsi Kepri ditemukan sebanyak 347 surat suara rusak, DPRD Kabupaten Karimun sebanyak 192 surat suara rusak, DPD RI sebanyak 40 lembar dam Pemilihan Presiden sebanyak 105 surat suara.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara secara keseluruhan telah selesai sejak Kamis (14/3) kemarin. Namun hasil rekapan data surat suara yang alami kerusakan baru selesai pihaknya rangkum untuk selanjutnya dikirimkan ke KPU Provinsi Kepri untuk mendapatkan penganti.

“Hasil rekapan kami keseluruhannya itu sebanyak 1.765 lembar surat suara yang rusak, terbanyak itu surat suara untuk DPR RI,” kata Eko, Senin (18/3).

Ia mengatakan, ribuan lembar surat suara yang alami kerusakan selanjutnya akan diusulkan kepada KPU Provinsi untuk kemudian dikirimkan surat suara pengganti guna mencukupi kebutuhan pada Pemilu 17 April nanti.

“Nanti akan diganti sesuai dengan kebutuhan. Apabila diakumulasi dengan surat suara yang tersisa itu ada sekitar 698 yang kami butuhkan dan kami ajukan untuk diganti,” kata Eko.

Eko mengatakan, surat suara yang dinyatakan rusak tersebut dikategorikan empat jenis diantaranya ada yang dalam keadaan sobek, terdapat bercak- bercak tinta, mengkerut dan buram.

“Masih ada beberapa tahapan lagi yang kami lakukan, harapannya tentu permasalahan surat suara ini dapat selesai sebelum masa pendistribusian nanti,” katanya.

Eko juga mengatakan, sebelumnya ribuan lembar formulir untuk lembar kerja saat perhitungan suara juga telah tiba. Nantinya keseluruhan logistik pemilu akan didistribusikan ke 780 TPS tersebar di wilayah Kabupaten Karimun dengan pengawasan ketat dari Kepolisian, KPU dan Bawaslu.

“Semoga lancar sampai hari H nanti, kami juga minta peran serta masyarakat untuk sama- sama menyukseskan pesta demokrasi ini nanti,” kata Eko.

Ricky Robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com