SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

10 Ikon Kota Terpopuler di Indonesia

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Februari 2018 | 20:07
  • Dibaca : 416 kali
10 Ikon Kota Terpopuler di Indonesia

Setiap kota memiliki ciri khasnya masing-masing yang salah satunya bisa berbentuk ikon. Adanya landmark membuat sebuah kota semakin mudah untuk dikenali.

Berikut ikon kota paling populer di Indonesia versi survei Litbang KORAN SINDO.

MONAS
Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Monas ini merupakan ikon kota Jakarta. Karenanya banyak warga non Jakarta yang berkunjung ke Jakarta merasa kurang lengkap jika belum menginjakkan kakinya di Monas. Sebagai ikon dari Ibu Kota Indonesia, Monas seringkali dijadikan tempat menggelar berbagai acara besar.

GEDUNG SATE
Gedung di tanah Pasundan ini memiliki keunikan karena pada bagian puncaknya terdapat tiang yang menyerupai bentuk sate lengkap. Terletak di Jalan Diponegoro 22, Bandung, tak sulit menemukan gedung yang hingga saat ini masih aktif digunakan sebagai kantor pemerintahan Gubernur Jawa Barat.

TUGU YOGYA
Tugu Golong Gilig adalah nama asli dari Tugu Yogyakarta. Bencana gempa bumi besar yang mengguncang Kota Yogyakarta pada 1867 sempat membuat tugu ini runtuh. Tugu ini kemudian dibangun kembali dengan beberapa perubahan. Pada perkembangannya, banyak wisatawan tak ingin melewatkan momen berfoto di tempat yang sarat akan nilai sejarah perjuangan masyarakat Kota Gudeg tersebut.

CANDI BOROBUDUR
Popularitas salah satu candi terkenal di Magelang, Jawa Tengah ini sudah terdengar hingga mancanegara. Sarat akan nilai sejarah, candi ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam maupun dari luar negeri.Selain dijadikan tempat wisata dan tempat diselenggarakannya acara-acara seni serta festival, candi ini juga digunakan sebagai tempat acara keagamaan.

MALIOBORO
Berkunjung ke Yogyakarta belum berkesan jika tidak mengunjungi kawasan Malioboro. Salah satu ikon dari kota pelajar ini mengalami perubahan yang menjadikannya lebih nyaman untuk dikunjungi. Kini jalanan di Malioboro dilengkapi dengan bangku-bangku taman yang bisa dimanfaatkan pejalan kaki. Pernak-pernik seperti pohon dan lampu hias juga hadir untuk mempercantik kawasan landmark Yogyakarta ini.

PATUNG SURO LAN BOYO
Patung di depan kebun binatang Surabaya ini merupakan ikon dari Kota Surabaya yang sangat terkenal. Terdiri dari dua hewan yaitu ikan hiu (suro) dan buaya (boyo). Patung ini menjadi tujuan lokasi berfoto para pengunjung yang datang ke kota Pahlawan tersebut.

PANTAI LOSARI
Selain menawarkan keindahan alam, Pantai Losari juga menawarkan wisata kuliner khas Kota Makassar. Berbagai sajian kuliner seperti coto Makassar, sop konro, pisang epe dan lainnya dapat ditemui di sini. Sensasi wisata kuliner semakin menggoda karena pantai ini juga menawarkan keindahaan pemandangan saat matahari tenggelam

TUGU KHATULISTIWA
Kota Pontianak merupakan salah satu kota yang dilalui garis khatulistiwa. Karena kondisi itulah maka dibangun sebuah menara yang dinamakan Tugu Khatulistiwa. Tugu ini dibangun oleh tim ekspedisi geografi yang dipimpin oleh seorang ahli geografi berkebangsaan Belanda. Sejak dibangun, tugu ini sudah mengalami beberapa kali tahap penyempurnaan.

JEMBATAN AMPERA
Jembatan Ampera merupakan ikon dari Kota Palembang. Jembatan yang menghubungkan Palembang Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini terbentang di atas Sungai Musi. Pemandangan di sekitar Jembatan Ampera ini akan semakin menarik di malam hari karena adanya hiasan lampu berwarna-warni di sekelilingnya.

JAM GADANG
Jika London punya Big Ben, Indonesia punya Jam Gadang yang lokasinya persis di Kota Bukittinggi Sumatera Barat. Jam Gadang kemudian menjadi ikon dari kota yang terkenal dengan masakan rendangnya ini. Berbentuk seperti tugu dengan tinggi 26 meter, ikon dari kota Padang ini sudah mengalami tiga kali perubahan.

GEDUNG IKONIK TERTINGGI INDONESIA

Gama Tower
Gama Tower berlokasi di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Gedung ini memiliki jumlah lantai sebanyak 63, dan mencakup perkantoran, hotel dan restoran mewah. Gama Tower juga menduduki peringkat ke 64 untuk gedung tertinggi se-Asia dan peringkat ke 126 sedunia.

Wisma BNI 46
Gedung ini merupakan salah satu landmark yang ikonik karena sudah berdiri tegak selama dua dekade. Dalam kurun waktu tersebut juga gedung ini mampu bertahan di posisi pertama sebagai gedung paling tinggi di Indonesia, hingga akhirnya baru-baru ini predikat tersebut berhasil direbut oleh Gama Tower.

Sahid Sudirman Center
Sesuai dengan namanya, gedung ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Butuh waktu mencapai tiga tahun untuk merampungkan pembangunan bangunan kantor berjumlah lantai sebanyak 59 ini.

Raffles Hotel
Hotel bintang lima di Jakarta ini diklaim sebagai hotel tertinggi di Indonesia. Dengan total lantai mencapai 52 lantai, hotel ini menyediakan 200 kamar yang pasti dengan pelayanan yang juga eksklusif.

Pakubuwono Signature
Bangunan yang terletak di daerah Kebayoran Baru, Jakarta ini juga masih seumur jagung mengingat baru rampung dibangun pada 2014. Bangunan ini berfungsi sebagai hotel dan juga apartemen mewah, dengan luas sekitar 4,2 hektare.

IKON TERKENAL BERBAGAI NEGARA

Patung Liberty Amerika Serikat (AS)
Patung Liberty merupakan patung berukuran raksasa di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Prancis untuk AS pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali. Patung perunggu yang diresmikan pada 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan AS dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara.

Big Ben, Inggris
Big Ben adalah nama yang merujuk pada sebuah menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster, London, Inggris. Jam ini terletak di timur laut dari Rumah Parlemen di Westminster, London. Menara ini tingginya 96.3 meter (316 kaki) dan dibangun dengan gaya Gothik Victoria. Menara ini dibangun di atas tanah berukuran 15 meter kali 15 meter, fondasi terbuat dari beton setebal 3 meter ( 9 kaki ), pada kedalaman 4 meter (13 kaki ) di bawah permukaan.

Colosseum, Italia
Colosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator dibangun oleh Vespasian. Tempat pertunjukan yang besar berbentuk elips yang disebut amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre. Situs ini terletak di kota kecil di Italia, Roma, yang didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus, dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun.

Patung Merlion, Singapura
Merlion atau Singa laut adalah patung yang berkepala singa dengan badan seperti ikan. Namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa. Merlion dirancang oleh Fraser Brunner untuk Badan Pariwisata Singapura (STB) pada 1964 dan dipergunakan sebagai logonya hingga 1997. Perdana Menteri saat itu, Lee Kuan Yew meresmikan upacara pemasangan Merlion di Singapura pada 15 September 1972.

Gedung Opera Sydney, Australia
Gedung Opera Sydney (Sydney Opera House ) di Sydney, New South Wales adalah salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Gedung ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour dekat Sydney Harbour Bridge dan pemandangan kedua bangunan ini menjadi ikon tersendiri bagi Australia. Selain sebagai objek pariwisata, gedung ini juga menjadi tempat berbagai pertunjukkan teater, balet, dan berbagai seni lainnya.

Burj Khalifa, Uni Emirat Ar
Burj Khalifa sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki). Burj Khalifa pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007.

Menara kembar Petronas, Malaysia
Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi. Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects AS yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998.

Taj Mahal di India
Taj Mahal adalah sebuah monumen di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal.Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun ( 1630-1653 ) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

Koran Sindo/Bobby Firmansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com