SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

10 Ribu Warga Belum Rekam e-KTP

  • Reporter:
  • Senin, 25 Juni 2018 | 10:22
  • Dibaca : 95 kali
10 Ribu Warga Belum Rekam e-KTP
ilustrasi

LINGGA – Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga menyebutkan saat ini masih banyak warga Lingga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). Padahal e-KTP tersebut menjadi salah satu syarat untuk memberikan hak pilih pada pesta demokrasi 2019 mendatang.

“Hingga saat ini, 9.067 warga Lingga belum melakukan perekaman, itu yang sudah diketahui. Tapi saya rasa masih ada yang belum tercatatat, perkiraan kami bisa mencapai 10 ribuan warga,” kata Kepala Disdukcapil Lingga Syamsudi, Minggu (24/6/2018).

Dia berharap masyarakat turut aktif berpartisipasi dalam menyambut Pemilu 2019 mendatang. Dalam waktu dekat masyarakat diminta segera melakukan perekaman. Mantan Kepala BKD Lingga itu berharap tahun depan perekamana e-KTP ini selesai. Sehingga sebelum pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden seluruh e-KTP sudah dapat dicetak.

“Kami berharap seluruh warga dapat memberikan hak suara mereka pada pesta demokrasi mendatang. Kami juga berharap seluruh e-KTP dapat diserahkan kepada masyarakat bersangkutan,” kata Syamsudi.

Sejauh ini Disdukcapil juga telah melakukan jemput bola dengan mendatangi desa-desa. Namun Syamsudi mengungkapkan pada tim dari Disdukcapil datang tak semua warga yang belum memiliki e-KTP berada di tempat.

“Banyak yang pas kami datang mereka di luar daerah. Ini juga jadi salah satu kendala yang kami temukan dan membuat beberapa warga belum melakukan perekaman,” ungkapnya.

Selain turun ke desa, Disdukcapil juga mendatangi sekolah-sekolah. Selain untuk persiapan Pemilu 2019, perekamanan e-KTP di tingkat pelajar juga bertujuan untuk menyiapkan para pelajar saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com