SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

10 Rumah Adat Terpopuler Indonesia

  • Reporter:
  • Jumat, 23 Maret 2018 | 15:54
  • Dibaca : 426 kali
10 Rumah Adat Terpopuler Indonesia

Indonesia terkenal dengan kekayaan budaya, salah satunya rumah adat yang sarat akan nilai-nilai luhur budaya.

Berikut 10 rumah adat terpopuler dari berbagai wilayah di Indonesia menurut survei Litbang KORAN SINDO.

RUMAH ADAT JOGLO (Jawa Tengah)
Bentuk arsitektur rumah ini sangat unik dan sarat akan nilai-nilai kebudayaan masyarakat Jawa. Dibangun dari kayu jati, menjadikan struktur rumah ini tahan lama dan juga kuat. Bangunan ini juga memiliki arsitektur unik yaitu berbentuk persegi panjang dengan atap rumah dibuat tinggi.

RUMAH ADAT GADANG (Sumatera Barat)
Rumah tradisional Minangkabau ini memiliki ciri khas unik, yaitu atap berbentuk melengkung dengan ujung lancip. Disebut rumah Gadang karena memang rumah ini berukuran besar. Jumlah kamar di rumah ini tergantung dari jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya.

RUMAH ADAT KEBAYA (DKI Jakarta)
Rumah adat Suku Betawi ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuknya seperti kubus serta teras luas yang berfungsi untuk menjamu tamu dan sekaligus tempat berkumpul keluarga. Secara arsitektur, bangunan ini memiliki makna filosofis yakni karakter suku Betawi yang selalu mengedepankan prinsip kekeluargaan, keterbukaan, keramahan dan keharmonisan.

RUMAH ADAT LIMAS (Sumatera Selatan)
Sesuai namanya, rumah ini berbentuk limas dengan bangunan bertingkat-tingkat dimana masing-masing tingkat memiliki filosofi budaya tersendiri. Tingkatan di rumah ini memiliki lima ruangan yang menjadi simbol dari lima jenjang kehidupan masyarakat yaitu usia, jenis, bakat, pangkat dan martabat.

RUMAH ADAT TONGKONAN (Sulawesi Selatan)
Atap dari rumah ini berbentuk melengkung seperti perahu dengan struktur rumah panggung yang memiliki tiang penyangga bulat berdiri berjajar menopang bangunan. Rumah ini juga dicirikan melalui adanya susunan tanduk kerbau di depan rumah sebagai hiasan yang menunjukkan tingkat strata sosial dari pemilik rumah.

RUMAH ADAT BADUY (Banten)
Rumah adat Baduy adalah rumah panggung yang hampir seluruh bagian rumahnya menggunakan bahan dari bambu. Sifat kekeluargaan Suku Baduy yang sangat kental sangat berpengaruh terhadap proses pembangunan rumah adat ini.

RUMAH ADAT BOLON (Sumatera Utara)
Zaman dahulu, rumah adat Suku Batak ini merupakan tempat tinggal 13 raja di Sumatera Utara. Rumah ini memiliki beberapa kekhasan, di antaranya berbentuk persegi empat dan atapnya seperti pelana kuda. Ruangan dalam rumah ini terbagi menjadi beberapa ruangan khusus, yaitu ruang tamu dan ruangan tempat para istri tamu yang datang.

RUMAH ADAT MANDAR (Sulawesi Barat)
Rumah adat Mandar merupakan rumah adat khas Mamuju, Sulawesi Barat. Rumah ini berstruktur panggung yang disusun dengan tiang-tiang dari kayu balok berukuran setinggi dua meter.Dinding rumah ini menggunakan material papan yang pada umumnya merupakan papan ukir sesuai motif khas dari Suku Mandar.

RUMAH ADAT HONAI (Papua)
Bentuk rumah ini sangat unik yakni berbentuk seperti kerucut dan dibangun dari material alam. Rumah honai dibedakan menjadi tiga kategori yaitu rumah untuk pria (Honai), wanita (Ebei), dan kandang hewan atau babi (wamai). Rumah honai bagi masyarakat Papua bukan saja menjadi tempat tinggal semata, melainkan juga sebagai tempat pengajaran kehidupan untuk mendidik para pria maupun wanita.

RUMAH PANGGUNG MINAHASA (Sulawesi Utara)
Rumah adat ini dikenal dengan sebutan “wale” atau “bale”. Rumah ini ditopang oleh beberapa kayu agar dapat berdiri kokoh dan memiliki dua tangga di serambi bagian depannya. Sesuai dengan filosofi masyarakat Minahasa, dua tangga tersebut bermakna khusus pada saat peminangan. Rumah panggung ini bisa dihuni oleh enam hingga delapan keluarga.

SUKU-SUKU TUA DI INDONESIA

Suku Wajak
Suku ini menduduki posisi pertama dalam urutan suku tertua di Indonesia. Suku ini mendiami wilayah yang ada di Kota Tulungagung di Jawa Timur. Namun, keberadaan suku ini sudah hilang dan tidak ada yang mengetahui suku ini dengan jelas. Bahkan sejarah dan seluk beluk suku ini juga tidak jelas sama sekali.

Suku Kerinci
Suku ini juga merupakan suku tertua di dunia yang hidup hingga saat ini. Pasalnya, suku yang mendiami wilayah Sumatra Selatan di wilayah dataran tinggi Gunung Kerinci ini sudah ada sebelum Suku Inka dan Indian mendiami Benua Amerika.

Suku Baduy
Suku ini mendiami wilayah yang ada di Banten. Menurut cerita yang tersiar di sekitar masyarakat, suku ini wajib menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Dalam kesehariannya, Suku Baduy khususnyaBaduy dalam tidak pernah mengenakan alas kaki saat beraktivitas di luar rumah.

Suku Jawa
Suku Jawa merupakan suku tertua di Indonesia juga. Suku ini mendiami Pulau Jawa sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha. Suku ini memiliki pengaruh besar di Indonesia karena hampir sebagian wilayah di Indonesia ini dihuni oleh Suku Jawa.

Suku Dayak
Suku Dayak sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi. Namun, asal-usul Suku Dayak ini juga masih belum pasti karena muncul berbagai macam pendapat tentang suku ini. Wilayah kediaman Suku Dayak biasanya berada di pedalaman Pulau Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat.

Suku Melayu
Suku ini sudah ada sejak abad kesebelas di Indonesia dan terkenal sampai ke beberapa negara bahkan suku ini juga sudah tersebar sampai ke Benua Eropa. Suku Melayu merupakan satuan kelompok etnis yang berasal dari orang-orang Austronesia.

RUMAH ADAT UNIK BERBAGAI NEGARA

Victoria (Amerika Serikat/Inggris)
Rumah bergaya Victoria booming pada masa pemerintahan Ratu Victoria (1837-1901) Inggris. Rumah jenis ini banyak dijumpai di Amerika Serikat, walaupun aslinya berasal dari Inggris.

Bolgatanga Painted Village (Ghana)
Rumah adat dicat Bolgatanga Panted Village terletak di sebuah desa 8 km barat Bolgatanga, Ghana.

Masai (Tanzania)
Rumah adat Maasai ini terletak di Tanzania. Desain rumah tidak lagi terbuat dari ilalang tapi terbuat dari lembaran GI.

Underground (Tunisia)
Struktur rumah adat Tunisia ini dibuat dengan menggali lubang besar di tanah dan di sekeliling lubang gua yang digunakan sebagai kamar, dengan beberapa rumah yang terdiri dari beberapa lubang, dihubungkan oleh lorong-lorong seperti parit.

Beach Hut (Denmark)
Rumah adat Denmark salah satunya terletak di Hale Ero Ero dekat Marstal, salah satu kepulauan di Denmark.

Xinle (China)
Rumah-rumah tradisional desain rumah Xinle berasal dari peradaban yang berkembang di China 7.200 tahun yang lalu.

Yoshinogari Dwellings (Jepang)
Rumah-rumah tradisional Jepang ini terletak di Yoshinogari, situs Yayoi besar dan kompleks arkeologi di Kyushu, Jepang dan sudah ada sejak abad ke-3 SM sampai abad ke-3.

Naga Hut (India)
Rumah unik ini adalah tempat tinggal Angami Naga terletak di Desa Naga Heritage, Kohima, Nagaland, sebuah negara bagian bukit yang terletak di bagian utara-timur India.

Koran Sindo/Bobby Firmansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com