SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

10 Tokoh Pendekar Khas Indonesia

  • Reporter:
  • Kamis, 30 November 2017 | 16:05
  • Dibaca : 77 kali
10 Tokoh Pendekar Khas Indonesia
Infografis KORAN SINDO

Di tengah munculnya tokoh-tokoh pahlawan superhero ala barat, ternyata beberapa tokoh pendekar khas Indonesia masih mendapat tempat di hati masyarakat.

Berikut 10 tokoh pendekar khas Indonesia versi survei Litbang KORAN SINDO.

Wiro Sableng
Wiro Sableng atau Pendekar 212 adalah tokoh fiksi serial novel karangan Bastian Tito. Wiro Sableng memiliki seorang guru yang mengajarinya banyak ilmu. Ia juga dikenal sebagai tokoh yang memiliki kesaktian.Karakter fiksi legendaris ini tak hanya tampil dalam bentuk serial cergam (cerita gambar), tapi juga diangkat ke layar kaca.

Prabu Siliwangi
Prabu Siliwangi adalah tokoh dari kerajaan Sunda dan Padjajaran. Kisah Prabu Siliwangi sendiri diangkat dari cerita legenda Prasasti Batutulis. Prabu Siliwangi dikenal sebagai raja bijaksana dan suka menolong. Ia juga terkenal memiliki ilmu kuat sehingga membuat kerajaan yang dipimpinnya terkenal seantero nusantara. Konon, Prabu Siliwangi bisa merubah dirinya menjadi seekor harimau putih.

Jaka Tingkir
Pendekar yang sejak kecil sudah memiliki kesaktian ini memimpin sebuah kerajaan bernama Kerajaan Pajang di Jawa Tengah. Berdirinya Kerajaan Pajang ini diawali oleh pertempuran Jaka Tingkir dengan Aryo Penangsang yang dimenangkan oleh Jaka Tingkir. Jaka Tingkir dikenal dengan kegemarannya bertapa. Konon ia mempunyai banyak pusaka ampuh sehingga mampu menaklukkan berbagai wilayah.

Angling Darma
Prabu Angling Darma adalah salah satu tokoh pendekar legendaris. Keistimewaannya terletak dari kemampuannya memahami bahasa segala jenis binatang. Dikenal sebagai pendekar sakti dan memiliki teman tidak biasa, yaitu seekor naga yang selalu setia membantunya jika ia dalam kesulitan. Angling Darma terlahir sebagai pemuda tampan dan berwibawa. Kisah Prabu Angling Darma sempat diangkat ke layar kaca.

Arya Kamandanu
Arya Kamandanu adalah salah satu tokoh di serial kolosal ‘Tutur Tinular’. Tokoh ini dikenal sebagai sosok pemuda ahli dalam ilmu kanuragan atau ilmu tenaga dalam di jaman kerajaan Majapahit. Ia juga dikenal sebagai seorang pendekar berjiwa ksatria dan mampu menaklukkan musuh-musuhnya. Arya Kamandanu dicirikan melalui kepemilikan Pedang Naga Puspa yang didapatkannya dari seorang perantau asal China

Si Buta dari Gua Hantu
Karakter pendekar satu ini memiliki ciri khas sangat terkenal, yaitu bajunya berwarna hijau dan teman setianya si kera yang selalu bertengger di pundak si Buta. Meski memiliki kekurangan, namun si Buta ini sangat sakti dan memiliki ilmu bela diri hebat . Karakter si Buta diciptakan komikus Indonesia, Ganes TH pada 1960-an. Komik Si Buta dari Gua Hantu ini pertama kali terbit pada 1967 dan dicetak ulang kembali pada 2005. Begitu populernya komik ini hingga ceritanya diangkat ke film layar lebar pada 1970 dengan judul “Si Buta dari Gua Hantu”.

Damar Wulan
Damar Wulan adalah seorang tokoh legenda cerita rakyat Jawa. Kisahnya cukup populer di tengah masyarakat dan banyak versi lakon atau pemainnya. Damar Wulan adalah sosok pemuda tampan dan sakti. Kisahnya yang terkenal adalah perseteruannya melawan Minakjingga untuk memperebutkan Sri Ratu Kencanawungu. Perseteruan tersebut diakhiri dengan kemenangan Damar Wulan

Gatot Kaca
Gatot Kaca adalah tokoh dalam Mahabharata putra dari Bimasena (Bima). Gatot Kaca memiliki kesaktian luar biasa, salah satunya ia memiliki kemampuan terbang di angkasa dengan menggunakan sayapnya.

Jaka Sembung
Jaka Sembung merupakan kisah rekaan karya komikus Djair Warni pada 1960-an. Jaka Sembung konon merupakan jawara sakti Kandanghaur. Ia merupakan salah satu tokoh rakyat yang memberontak atas ketidakadilan pemerintahan Belanda. Cerita ini pernah diangkat ke layar lebar pada 1981 dengan aktor Barry Prima sebagai pemeran utamanya.

Brama Kumbara
Tokoh Brama Kumbara merupakan salah satu tokoh di sandiwara radio Saur Sepuh yang sempat digemari oleh jutaan pendengarnya di masanya. Diceritakan Brama Kumbara adalah seorang pendekar yang memiliki kesaktian. Ia merupakan pewaris tahta kerajaan Madangkara. Sandiwara ini mengambil latar pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk pada zaman Kerajaan Majapahit. Brama Kumbara juga diangkat ke televisi dalam bentuk sinetron serial.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com