SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

10 Wisata Museum Terpopuler di Indonesia

  • Reporter:
  • Kamis, 21 Desember 2017 | 17:43
  • Dibaca : 87 kali
10 Wisata Museum Terpopuler di Indonesia
Infografis KORAN SINDO.

Museum bukan hanya tempat menyimpan benda-benda bersejarah, tapi juga destinasi wisata sangat menarik. Terlebih di musim libur saat ini, museum bisa dijadikan alternatif pelesir khususnya bagi anak-anak.

Berikut wisata museum di Indonesia terpopuler versi survei Litbang KORAN SINDO.

1.Museum Monumen Nasional (Monas)

Museum yang menjadi salah satu ikon Ibu Kota ini merupakan monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perjuangan dan perlawanan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari penjajah Belanda. Di setiap sudut halaman luar yang mengelilingi Monas terdapat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia.

2.Museum Kota Makassar

Bangunan museum bergaya Eropa abad ke-17 ini terdiri dari dua lantai. Di lantai satu terdapat berbagai lukisan klasik peninggalan Belanda di Kota Makassar, foto dokumentasi perkembangan Kota Makassar, benda-benda arkeologi dan berbagai mata uang yang pernah berlaku di Makassar dari masa penjajahan hingga saat ini. Di lantai dua berisi lambang-lambang kabupaten di Sulawesi Selatan dan berbagai pernak-pernik hasil kerajinan rakyat.

3.Museum Jogja Kembali Yogyakarta

Terletak di bagian utara Kota Yogya, museum ini kerap dikunjungi wisatawan khususnya para pelajar. Museum ini memiliki bentuk unik, yaitu berbentuk kerucut menyerupai piramida. Museum yang juga dikenal dengan sebutan Monjali (Monumen Jogja Kembali) ini menceritakan mengenai perjuangan kemerdekaan RI di Yogyakarta yang saat itu menjadi Ibu Kota Indonesia.

4.Museum Balaputradewa Palembang

Di kota yang juga terkenal dengan makanan pempek ini terdapat museum yang menyimpan ragam kebudayaan Sumatera Selatan. Nama museum ini diambil dari nama salah seorang Raja Sriwijaya Balaputradewa. Museum ini memiliki koleksi ragam corak kebudayaan dan alam.

5.Museum Fatahillah Jakarta

Museum yang dulunya merupakan balai kota Batavia ini terletak di Jalan Taman Fatahillah. Kawasan museum ini dikenal dengan kawasan Kota Tua. Di dalam museum ini pengunjung dapat menemukan berbagai objek sejarah perjalanan Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, dan lainnya.

6.Museum Geologi Bandung

Museum Geologi memajang berbagai objek geologi seperti fosil, batuan, mineral dan lainnya. Saat pertama memasuki museum, pengunjung akan disambut dengan fosil gajah purba. Di lantai satu, terdapat informasi mengenai tata surya, terbentuknya bumi, replika berbagai fosil hewan purba dan kepunahan dinosaurus. Di lantai dua, pengunjung dapat menemui berbagai macam jenis batu-batu dan cerita tentang tsunami dan bencana gunung merapi.

7.Museum Satria Mandala Jakarta

Museum yang merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi peralatan perang dari masa lampau hingga era modern seperti koleksi rudal, ranjau, torpedo, tank, meriam serta helikopter dan pesawat terbang.

8.Museum Ranggawarsita Semarang

Terletak di Semarang, Jawa Tengah, museum ini memiliki empat gedung dan memiliki 50 ribu lebih koleksi peninggalan sejarah. Koleksi yang terdiri dari arkeologi, koleksi emas, keramik, etnografi dan lainnya tersimpan rapi baik di dalam maupun di luar museum. Nama museum ini diambil dari salah satu pujangga besar Indonesia, Ranggawarsita.

9.Museum Angkut Malang

Berdiri pada 2014, museum yang dikelola oleh Jawa Timur Park Group ini merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern di Kota Batu, Malang Jawa Timur. Museum ini terbagi ke dalam beberapa zona yang didekorasi sesuai dengan tema kendaraan yang dipajang di zonanya masing-masing.

10.Museum Kereta Api Ambarawa Jateng

Museum ini awalnya adalah sebuah stasiun kereta api yang kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Museum ini mengoleksi 21 lokomotif uap dan saat ini terdapat tiga lokomotif yang bisa beroperasi. Selain memajang lokomotif, terdapat pula telepon antik, peralatan telegraf morse, bel antik dan beberapa perabotan antik lainnya.

Museum Terkenal Indonesia

1.Museum Ullen Sentalu (Yogyakarta)

Terletak di Jalan Boyong Kaliurang, Yogyakarta, museum pribadi ini memiliki segala informasi dan koleksi budaya dan kehidupan para bangsawan Kesultanan Mataram dan berbagai koleksi batik.

2.Museum Seni Neka (Bali)

Terletak di Desa Kedewatan, Ubud, Bali, museum ini didirikan pada 1982 oleh Suteja Neka, seorang guru seniman asal Bali yang mempunyai banyak koleksi lukisan dan dokumentasi seni lainnya. Museum ini memamerkan karya seni bernilai tinggi dari seniman Bali dan mancanegara.

3.Museum Batik Danar Hadi (Solo)

Museum ini menawarkan koleksi seni dari batik sebagai kerajinan tangan dari sebelum, sewaktu dan sesudah zaman penjajahan Belanda. Batik yang dipamerkan adalah batik bernilai seni tinggi antara lain Batik Kraton, Batik Belanda, Batik China, Batik Hokokai, Batik Indonesia, sampai Batik Sudagaran.

4.Museum Bank Indonesia (Jakarta)

Terletak di Jalan Pintu Besar Utara 3, Jakarta, museum ini merupakan cagar budaya peninggalan zaman Belanda. Gedung museum memiliki desain arsitektur unik dan menawarkan informasi lengkap tentang Bank Indonesia dan perannya dalam sejarah bangsa.

5.Museum Konferensi Asia Afrika (Bandung)

Terletak di Jalan Asia Afrika No. 65, Bandung, museum ini untuk mengenang Konferensi Asia Afrika pertama yang diadakan di Indonesia. Gedung museum ini merupakan bagian dari gedung Merdeka. Mengunjungi museum ini sangat tepat untuk mengisi waktu liburan Anda di kota kembang sekaligus melakukan wisata sejarah.

6.Museum House of Sampoerna (Surabaya)

Di Museum Sampoerna yang menawarkan sejarah awal mula Kretek dari merek Sampoerna. Tak semata tentang kretek, tapi juga termasuk sejarah dari keluarga Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna. Banyak para pengunjung yang masuk dan langsung berfoto-foto karena benda pamerannya yang unik.

Museum Dunia Dan Koleksinya

Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat (AS)

Koleksi: lebih dari 2 juta koleksi benda seni*

Harga tiket masuk: USD12 (Rp160 ribu)- USD25 (Rp332 ribu)

Art Institute of Chicago, Chicago, AS

Koleksi: 300 ribu koleksi

Harga tiket masuk: USD14 (Rp186 ribu)- USD 25 (Rp332 ribu)

State Hermitage Museum, St. Petersburg, Rusia

Koleksi: 3 juta koleksi seni

Harga tiket masuk: Rp119 ribu

Musée d’Orsay, Paris, Prancis

Koleksi: Monet, Seurat, Gauguin dan Van Gogh

Harga tiket masuk: USD9 (Rp119 ribu)- USD12 (Rp159 ribu)

National Museum of Anthropology atau Museo Nacional de Antropologia, Meksiko

Koleksi: artefak kebudayaan Meksiko masa lalu

Harga tiket masuk: Rp53 ribu *koleksi *sumber: TripAdvisor

KORAN SINDO/BOBBY FIRMANSYAH

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com