SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

100 Barista Ikut Uji Sertifikasi

  • Reporter:
  • Kamis, 19 April 2018 | 14:22
  • Dibaca : 210 kali
100 Barista Ikut Uji Sertifikasi
ilustrasi

LUBUKBAJA – Lembaga Sertifikasi Profesi (LPS) Kopi Indonesia bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia melaksanakan uji kompetisi terhadap 100 barista di Hotel Horison Ultima Kings, Rabu (18/4/2018). Peserta tidak hanya dari Batam, tetapi juga datang dari provinsi lainnya seperti Jambi dan Sumatera Utara (Sumut).

“Kegiatan ini untuk mengukur kemampuan seorang barista. Kalau lulus dalam ujian kompetisi akan mendapatkan sertifikat,” kata Ketua LSP Kopi Indonesia, Edy Panggabean.

Peserta yang ikut dari berbagai kalangan, baik yang memiliki kafe atau seorang pekerja peracik kopi. Setidaknya mereka atau peserta yang ikut memiliki pengalaman di bidang meracik kopi minimal satu tahun.

Selama pelatihan ini, sambungnya, peserta mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) dan konsultasi dari pra asessment. Setelah itu, semua peserta akan diuji kemampuannya dalam uji kompetisi yang menentukan apakah laik sebagai seorang barista atau tidak.

“Ada 12 unit yang diuji di antaranya, mengelola bahan baku, mengelola peralatan dan perlengkapan, mengelola area kerja, menangani pelanggan, mengoperasikan peralatan, memutakhirkan pengetahuan tentang produk kopi dan lain sebagainya,” kata Edi.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com