SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

11 Tahun Proyek Jalan Cuma Janji

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Mei 2019 | 09:40
  • Dibaca : 87 kali
11 Tahun Proyek Jalan Cuma Janji
ilustrasi

ANAMBAS – Kehadiran Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris bersama rombongan di Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan satu permintaan yang belum terealisasi hingga saat ini. Warga meminta pembangunan Jalan dari Desa Air Sena, Teluk Siantan, Teluk Sunting menuju Kecamatan Palmatak.

“Permintaan kami tidak banyak, yaitu tolong diselesaikan pembangunan jalan dari Teluk Siantan ke Kecamatan Palmatak,” kata Camat Siantan Tengah, Wan Romadi, Senin (13/5/2019) malam disela-sela Acara Safari Ramadhan Bupati dan rombongan di Teluk Siantan.

Sementara salah satu warga, Iskandar mengatakan bahwa jalan tersebut dibuka pada tahun 2008, namun belum tersentuh hingga saat ini. Bahkan masyarakat merasakan jalan itu bagaikan melintas di atas kuda. “Jalan itu sudah dibuka pada tahun 2008 lalu, dan itu merupakan satu-satunya akses ke Rumah Sakit Palmatak. Selain itu para pelajar juga harus menempuh jalan itu. Kalau cuaca hujan, jalan itu berlumpur. Belum lagi banyak batu-batuan, rasanya sangat rawan dan sering terjadi kecelakaan di sana,”ujarnya.

Iskandar menambahkan, saat ini masyarakat merasa sia-sia menghibahkan lahan untuk pembukaan jalan. Di mana ketika pembukaan jalan, banyak tanaman masyarakat yang harus ditebang. “Kalau dihitung sudah 11 tahun jalan itu dibuka dengan lebar 12 meter panjang kurang lebih 12 kilometer. Semua itu hibah dari masyarakat, tak ada ganti rugi. Justru sekarang masyarakat yang menghibahkan lahan itu merasa menyesal telah menghibahkan lahan, karena pembangunan jalan tak kunjung terealisasi. Kalau dihitung-hitung selama 11 tahun sudah banyak tanaman yang menghasilkan uang. Karena yang ditebang itu merupakan pohon cengkeh dan pohon kelapa,”katanya.

Iskandar sangat berharap, meskipun jalan tersebut dibuka selebar 12 meter, tak perlu dibangun dengan selebar itu. Bahkan tak harus menggunakan hotmix. “Jalan semenisasi dengan lebar 2 meter saja kami sudah senang. Yang penting nyaman melalui jalan itu,” harapnya. Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris akan mencari solusi terkait harapan masyarakat. Bahkan pihaknya akan berkoordinasi ke Bapelnas untuk mendorong pembangunan jalan tersebut.

“Status jalan itu Jalan Nasional, dan kewenangan Pemerintah Pusat yang membangun. Kami akan berkoordinasi ke Bapelnas untuk mendorong ini segera dibangun. Kalau misalnya untuk semenisasi, kami akan cari cara untuk membangunnya,” kata Bupati. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com