SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

12 Korban Meninggal, 6 Masih Hilang

  • Reporter:
  • Kamis, 1 Maret 2018 | 17:33
  • Dibaca : 395 kali
12 Korban Meninggal, 6 Masih Hilang

BREBES – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) resmi mengakhiri operasi pencarian korban bencana tanah longsor di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Melalui briefing akhir yang di – gelar kemarin pukul 14.00 WIB dan dihadiri seluruh personel tim pencarian, baik dari Ba sar – nas, TNI, Polri, instansi terkait, Tim DVI, potensi SAR maupun masyarakat, operasi pencarian korban dihentikan, tapi tang gap darurat bencana tetap di lan jut – kan dalam pemenuhan ke bu tu – h an dasar masyarakat ter dam – pak serta perbaikan/pemulihan infrastruktur yang rusak.

“Pencarian kami hentikan setelah tujuh hari digelar sesuai dengan prosedur dan meng – ingat efisiensi dan efektivitas dari proses identifikasi lokasi korban yang masih tertimbun juga semakin sulit dengan area yang sangat luas.

Selain itu, fak – tor risiko longsor susulan yang sangat besar masih mungkin ter jadi karena hujan hampir tiap hari turun di Bukit Lio,” ka ta Noer Isrodin Muchlisin, Ke pa la Basarnas Jateng yang men ja di penanggung jawab operasi SAR. “Semua jajaran sudah be ker – ja dengan maksimal. Me la ku – kan pencarian di seluruh sektor yang teridentifikasi dan pihak keluarga juga sudah meng ikh – las kan, maka dengan ini proses pen c arian kami tutup.

Terima kasih juga atas kerja sama yang baik dari Dandim Brebes, Ka – pol res Brebes, Dokpol, DVI, Per – hu tani, Dinkes, serta seluruh re lawan potensi SAR yang tidak bisa saya sebut satu per satu, te – ri ma kasih,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Brebes Eko Andalas mengungkapkan, tujuh ahli wa – ris keluarga korban bencana long sor yang masih hilang di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Sa lem, telah menyepakati pen – ca rian berakhir kemarin.

Menurutnya, kesepakatan di ambil setelah mereka melakukan musyawarah tertutup de – ngan Basarnas, Dandim 0713 Brebes Ahmad Hadi Hariono, Ka polres AKBP Sugiarto, dan Bupati Idza Priyanti pada Selasa (27/2) petang. “Selama tujuh hari, tim re la – wan gabungan sudah berusaha ke ras mencari korban yang ma – sih hilang tertimbun material longsor.

Mereka para ahli waris keluarga korban sudah meng ikhlaskannya,” ungkap Eko An da las. Dia mengatakan, pencarian kor ban bencana alam tanah long sor dilakukan selama tujuh hari sesuai dengan undang-un – dang. “Pertimbangan lain juga atas saran dari DVI Polda Jateng ka rena besarnya risiko apabila dipaksakan,” ujarnya.

Dengan ditutupnya operasi pencarian korban bencana long – sor, maka berdasarkan data yang ada, jumlah korban meninggal du nia mencapai 12 orang, 6 kor – ban dinyatakan hilang, dan 18 orang selamat.

Diberitakan sebelumnya, mu sibah longsor di wilayah Pe gu – nungan Lio, Desa Pasir pan jang, Kecamatan Salem, Kabu pa ten Brebes, terjadi pada Ka mis (22/2/18) pukul 08.00 WIB. Insiden ini menimbun belasan pengguna jalan dan petani yang sedangberaktivitasdibawah nya.

ahmad antoni

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com