SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

126 Kendaraan Dinas Tanjungpinang Tidak Punya BPKB

  • Reporter:
  • Rabu, 26 September 2018 | 09:39
  • Dibaca : 124 kali
126 Kendaraan Dinas Tanjungpinang Tidak Punya BPKB
Mobil dinas milik Pemko Tanjungpinang saat terparkir di depan gedung DPRD Tanjungpinang. F Muhamamd Bunga Ashab

PINANG – Sebanyak 126 unit kendaraan dari 680 unit kendaraan dinas milik Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang tidak memiliki dokumen resmi alias bodong. Kendaraan yang tidak memiliki buku pemilik kendaraan bermotor (BKPB) itu tersebar di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Tanjungpinang.

Kendaraan bodong itu ternyata sudah dimiliki Pemko Tanjungpinang untuk operasional sejak lama. Informasinya, 126 unit kendaraan bodong itu menjadi hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangaan (BPK) Kepri. Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono mengaku tak mengetahui kendaraan bodong itu menjadi temuan BPK Kepri.

“Saya baru dengar, saya tak dapat informasi menjadi temuan. Nggak ada tuh, saya tak ada dengar,” kata Riono saat ditemui di Gedung DPRD Tanjungpinang, Selasa (25/9/2018).

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemko Tanjungpinang Darmanto membenarkan adanya temuan BPK terkait kendaraan dinas milik Pemko Tanjungpinang.

Dia menjelaskan, kendaraan dinas itu tidak memiliki dokumen lantaran konsekuensi dari aset-aset hasil pemekaran. Dahulu banyak kendaraan berasal dari kementerian dan Provinsi Riau, setelah pemekaran beralih dahulu ke Bintan baru diserahkan ke Tanjungpinang.

“Memang ada kendaraan dinas belum ada dokumennya. Dari 680 unit kendaraan ada 126 unit tidak memiliki BPKB teridiri dari roda empat, roda tiga dan roda dua,” kata Darmanto.

Darmanto mengatakan, adanya kendaraan dinas tak berdokumen ini karena kesalahan serah terima yang tidak didukung surat menyurat. Dia menuturkan, saat ini kendaran itu dipegang masing-masing OPD. Kendaraan dinas itu tidak memiliki BPKB rata-rata antara tahun 2001-2010, sementara kendaraan di atas tahun 2010 sudah memiliki dokumen lengkap.

“Masing-masing OPD hanya punya kendaraan saja, ada memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK) ada yang tidak, apalagi BPKB,” ujar dia.

Untuk menyelesaikan masalah itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanjungpinang untuk memutihkan kendaraan yang tidak memiliki dokumen. Selanjutnya, BPK dan Aset Daerah Pemko Tanjungpinang akan menginvetarisir semua kendaraan dinasnya.

“Melakukan inventarisasi kalau memang kendaaran sudah tua dan rusak berat akan dilelang. Baru dibikin surat-suratnya. Sekarang kita sedang mengupayakan agar kendaraan itu memiliki dokumen,” tutup Darmanto.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com