SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

13 Calon Senator Dinilai Warga Kepri

  • Reporter:
  • Senin, 3 September 2018 | 14:16
  • Dibaca : 320 kali
13 Calon Senator Dinilai Warga Kepri

PINANG – Sebanyak 13 calon anggota Daerah Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Kepri telah memenuhi syarat dan terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang diumumkan KPU.

Ke-13 DCS tersebut yakni Alfin, Alias Wello, Dhrama Setiawan, Hardi Selamat Hood, Haripinto Tanuwidjaja, M Syahrial, dan Mustofa Widjaja. Lalu Saptarika, Richard Hamonangan Pasaribu, Riki Syolihin dan Sabar Pandapotan Hasibuan, Sukri Farial, dan Surya Makmur Nasution. Adapun total calon anggota DPD dalam DCS mencapai 805 calon.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan calon anggota DPD RI Pemilu 2019 sejak Sabtu (1/9/2018). Setelah pengumuman, KPU membuka tahapan masukan dan tanggapan masyarakat.

“Batas waktu penyampaian tanggapan itu selama sembilan hari. Yakni dari tanggal 1 sampai 9 September 2018 mendatang,” kata anggota komisioner KPU Kepri Arison di Tanjungpinang, Minggu (2/9).

Dia menjelaskan masyarakat Kepri yang ingin memberikan tanggapan atas DCS DPD RI dapil Kepri harus memenuhi prosedur.

KPU RI memberikan beberapa persyaratan, masyarakat diwajibkan mencantumkan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ketika memberikan tanggapan. Masyarakat diwajibkan melampirkan bukti pendukung terhadap calon yang ditanggapi tersebut.

“Selain identitas pelampir dengan fotokopi KTP, diutamakan dilengkapi dengan bukti atas laporan tersebut. Misalnya, bila diduga ijazah SLTA palsu, maka fotokopi ijazah tersebut dapat disertakan dan laporan lainnya,” sambung Arison.

KPU, tegas dia, memastikan bila identitas pengirim atau yang mengadukan akan dirahasiakan dan dijamin aman.

Penyampaian tanggapan tersebut dilakukan secara tertulis. Masyarakat bisa dengan mengirim melalui faksimil ke nomor 021-3145914 atau melalui email dengan alamat, pencalonan.dpd@kpu.go.id.

“Atau masyarakat bisa juga menghubungi kantor KPU Provinsi Kepri,” katanya lagi.

Persaingan
Sebagai gambaran, sebanyak 13 bacaleg itu bakal bersaing agar dipilih masyarakat Kepri menjadi senator DPD RI 2019-2024 yang tersedia empat kursi.

Ada dua petahana yakni Hardi S Hood dan Haripinto. Ria Saptarika termasuk dalam anggota DPD terpilih, tapi dia mengundurkan diri karena maju sebagai calon Wali kota Batam dalam Pilkada 2015. Posisinya diganti Muhammad Nabil.

Adapun bakal calon yang berasal dari parpol, seperti Darma, Syahrial, Sukhri Fahrial, dan Alpin. Kemudian yang menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri yaitu Sukhri Fahrial dan Surya Makmur Nasution. Syahrial menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Kota Tanjungpinang. Kemudian ada nama Alias Wello, Bupati Lingga aktif dan mengundurkan diri dari jabatan itu. Lalu Mustofa Widjaja adalah mantan Kepala BP Batam.

Sementara hasil rekapitulasi syarat dukungan 13 calon Senator itu yakni Alfin memiliki 2.022 dukungan, Alias Wello 2.129, Dharma Setiawan 2.185, Richard H Pasaribu 2.600, Surya Makmur Nasution 1.940, Syukri Fahrial 2.155. Kemudian Hardi Selamat Hood 2.058, Haripinto Tanuwidjaja 2.389, Mustofa Widjaja 2.031, M Syahrial 1.978, Ria Saptarika 2.042, Ricky Sholihin 2.232 dan Sabar Pandapotan Hasibuan 2.372. sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com