SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

145 Bidang Usaha Dapat Insentif Pajak

  • Reporter:
  • Kamis, 22 Februari 2018 | 16:16
  • Dibaca : 370 kali
145 Bidang Usaha Dapat Insentif Pajak
Aktivitas pekerja pembuatan kapal di galangan kapal Punggur. Foto Teguh Prihatna.

BATAM – Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam Ady Soegiharto mengatakan, minat investor untuk mendapatkan fasilitas tax allowance dan tax holiday cukup tinggi. Namun sejumlah perusahaan terbentur aturan pembatasan bidang usaha. Sejauh ini, hanya ada 145 bidang usaha yang bisa mendapatkan fasilitas tax allowance.

Salah satu contoh, beberapa perusahaan penunjang migas di Kawasan Industri Kabil tak bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Selain masalah keterbatasan bidang usaha, prosedur pengajuan insentif pajak juga cukup ketat. Investor harus mengajukan permohonan kepada pemerintah Pusat, kemudian pengajuannya diulas mendalam oleh kementerian dan lembaga terkait.

Kemudian untuk pemeriksaan dokumen investor bisa saja diwakilkan oleh pegawai setingkat supervisor. Namun saat pengecekan dokumen dengan tim teknis dari kementerian dan lembaga, investor harus menghadirkan pimpinan perusahaan yang mengerti teknis di perusahaan. Hal itu dinilai butuh waktu dan biaya karena harus bolak balik Jakarta-Batam

“Jadi memang tidak semua sektor bidang usaha migas masuk daftar. Karena itu dengan adanya kebijakan ini tentu menjadi angin segar para pengusaha,” kata Ady.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com