SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

15 Paguyuban Pawai Budaya

  • Reporter:
  • Selasa, 16 Oktober 2018 | 15:16
  • Dibaca : 298 kali
15 Paguyuban Pawai Budaya
Pawai Budaya 2018 yang dimeriahkan 15 paguyuban di Coastal Area, Karimun akhir pekan kemarin. /ricky robiansyah

KARIMUN – Sebanyak 15 Panguyuban di Kabupaten Karimun ikut memeriahkan Pawai Budaya 2018 yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Karimun dalam rangka HUT Kabupaten Karimun ke 19 tahun, Sabtu (13/10).

Kegiatan yang berlangsung di Panggung Putri Kemuning Coastal Area itu dihadiri ratusan warga Karimun dan sekitarnya.

Para peserta Pawai Budaya tersebut menampilkan satu persatu kreasi budaya asal daerah masing- masing, antara lain tarian, adat pernikahan, makanan khas daerah dan pakaian adat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan pawai budaya tahun 2018 digelar dengan melibatkan 15 panguyuban antara lain Jawa, Aceh, Sulawesi, Sumatera Barat, Melayu, Nias, dan beberapa adat lainnya di Indonesia. Masing- masing panguyuban tersebut menampilkan budaya masing- masing daerah untuk dipertunjukkan kepada pengunjung.

“Pawai Budaya ini merupakan ajang silaturahmi sesama paguyuban dan sebagai salah satu upaya mempromosikan budaya nusantara melalui beberapa paguyuban,” kata Rafiq, Sabtu (13/10) sore.

Rafiq berharap, dengan adanya Pawai Budaya 2018 ini dapat menjadi ajang wisata regional baik didalam maupun luar negeri.

“Alhamdulillah, turut hadir dari perwakilan Kementerian Pariwisata RI dan ada juga sejumlah warga negara Malaysia yang ikut menyaksikan pawai ini. Semoga bisa menjadi ajang promosi wisata regional,” kata Rafiq.

Selain melaksanakan pawai budaya, Pemerintah Daerah juga melaksanakan kegiatan Jelajah Wisata yang juga merupakan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hut Kabupaten Karimun. Dalam jelajah wisata tersebut melibatkan Ratusan pesepeda berasal dari komunitas atau klub sepeda di Kabupaten Karimun, Kota Batam, Pekanbaru, Dumai serta Malaysia.

Adapun rute atau jarak tempuh dalam kegiatan ini dari panggung rakyat Putri Kemuning Coastal Area dan finish di Pantai Pongkar Kecamatan Tebing. Pelepasan dilakukan oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim pada Minggu (14/10) pagi di Coastal Area.

“Event ini harus menjadi momentum agar wisata sepeda di Kabupaten Karimun bisa terus dipromosikan dan dikembangkan selain itu dapat meningkatkan kebersamaan serta silaturrahim,” katanya.

Peringatan HUT Kabupaten akan terus digelar hingga perayaan puncak pada tanggal 27 Oktober 2018 mendatang. Rencananya perayaan puncak akan dimeriahkan dimeriahkan ustad-ustad ternama dari jakarta dan grub musik Sabyan Gambus. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com