SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

150 Pekerja Daftar Sertifikasi Uji Kompetensi

  • Reporter:
  • Jumat, 11 Januari 2019 | 16:15
  • Dibaca : 83 kali
150 Pekerja Daftar Sertifikasi Uji Kompetensi
Ilustrasi /DOK SINDO BATAM

SEKUPANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam tahun ini kembali menggelar pelatihan sertifikasi bagi pekerja dalam peningkatan sertifikasi dan uji kompetensi pelatihan serta peningkatan kemampuan.

Hingga hari kedua pendaftaran Kamis (10/1) tercatat ada 150 orang yang telah mendaftar. Tahun 2019 ini, Disnaker membuka sertifikasi untuk 51 bidang pekerjaan yang diperuntukan bagi 1.303 orang. Sebanyak 912 orang di antaranya bagi mereka yang sudah bekerja.

“Sampai pukul 10.45 hari ini (kemarin) kami telah menerima 150 pendaftar,” kata Kepala Seksi (Kasi) Produktifitas Tenaga kerja Disnaker Batam, Abdul Gani.

Selain secara pribadi, pendaftaran juga dapat diwakilkan oleh perusahaan yang menaungi pekerja. “Kami akan tetap mengecek kelengkapan satu per satu, mulai dari ijazah, pengalaman pekerjaan, sama curiculum vitae ,” ujarnya.

Pelatihan nantinya akan dilaksanakan selama dua hari pada 2 Februari mendatang dan diuji oleh perwakilan dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). “Kalau kami yang menguji, tentu kami tidak tahu detailnya bagaimana. Jadi pengujinya nanti dari pihak LPK,”katanya.

Tahun ini, sambungnya, pelatihan lebih diprioritaskan ke bidang manufakturing Pariwisata, sesuai dengan arahan Wali Kota Batam yang akan menjadikan Batam sebagai daerah wisata. “Makanya bidang yang mendukung keterampilan pariwisata diperbanyak,’ kata Gani.

Salah seorang pendaftar, Fahri mengatakan, pelatihan seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan pekerja, dan akan berdampak bagi keterampilan yang mumpuni bagi pekerja setelah mendapatkan sertifikasi.

“Sertifikasi ini sangat penting untuk menunjang kemampuan pekerja,” ujarnya. cr1

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com