SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

159.292 Turis Berkunjung Selama Oktober

  • Reporter:
  • Rabu, 4 Desember 2019 | 12:25
  • Dibaca : 155 kali
159.292 Turis Berkunjung Selama Oktober
Ilustrasi DOK SINDO BATAM

BATAMKOTA – Angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Batam, pada Oktober tercatat sebanyak 159.292 kunjungan. Jumlah ini meningkat sekitar 12 persen dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu 141.337 kunjungan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batam karena adanya program great sale oleh para pengelola-pengelola di mal.

“Salah satunya karena program Batam great sale ini dan juga penunjang lainnya,” ujarnya di Batam Centre, Selasa (3/12).

Awalnya, katanya, pemerintah daerah bersama pengelola mal melakukan meeting terkait rencana great sale ini. Dalam pertemuan itu, mereka sepakat program great sale dilakukan pada Oktober karena berbagai alasan seperti, pada Oktober biasanya disebut bulan hantu karena sepi pengunjung.

“Kalau Desember kan memang sudah pasti ramai. Sedangkan Oktober dan Januari disebut low season. Jadi kami sepakat program ini dilakukan pada Oktober,” katanya.

Ardi juga menambahkan, biasanya pada Oktober juga sepi dari publik holiday di Singapura dan Malaysia. Kedua negara tersebut menjadi negara utama yang menyumbangkan jumlah kunjungan wisman ke Kota Batam.

“Selain Singapura dan Malaysia, ada juga China, India, Filipina, Korea Selatan, Jepang, Inggris dan Australia serta yang lainnya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya meningkatnya jumlah kunjungan, karena beberapa program yang dijalankan pemerintah, antara lain Hot Deals, yang memberikan potongan harga untuk paket liburan ke Batam pada hari-hari kerja dan program pariwisata perbatasan. “Batam semakin menarik dan nyaman untuk menjadi tujuan wisata,” kata Ardi.

Kunjungan pada Oktober meningkat sebanyak 159.292 dibandingkan dengan Oktober 2018 yang hanya 141.337 kunjungan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri.

Dengan peningkatan itu, jumlah kunjungan wisman ke Batam sepanjang Januari-Oktober 2019 sebanyak 1.590.458 kunjungan, meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya sebanyak 1.498.848 kunjungan.

Ardi pun optimistis mampu mencapai target 2,4 juta kunjungan wisman di sepanjang 2019. “Kami tetap optimistis. Seperti biasa, di akhir tahun, angka kunjungan wisman meningkat, karena banyaknya agenda wisata, juga libur panjang,” kata Ardi.

Ia juga mengapresiasi keamanan oleh kepolisian yang membuat kenyamanan bagi para wisatawan mancanegara. “Bulan inikan kenaikannya hampir 18 ribu wisatawan. Inikan luar biasa. Kalau kita lihat data yang paling tinggi itu di bulan Agustus kemarin,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com