SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

193 Kapal Layanan Pemudik Berbagai Tujuan

  • Reporter:
  • Selasa, 18 Desember 2018 | 13:09
  • Dibaca : 288 kali
193 Kapal Layanan Pemudik Berbagai Tujuan
Ilustrasi. /DOK SINDOBATAM

SEKUPANG – Kepala Kantor Pelabuhan (Kanpel) kelas I Batam, Capten Barlet mengatakan, Kanpel Batam menyiagakan sebanyak 193 kapal yang akan melayani penumpang pada arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019 ke berbagai daerah.

“Jika nantinya tidak tercukupi, kami akan mensiasatinya dengan menyediakan tambahan jadwal kapal,” ujarnya apel persiapan menyambut arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019 di Pelabuhan Domestik Sekupang, Senin (17/12).

Pihaknya juga sudah menyiapkan segalanya untuk menjaga kelancaran arus masyarakat melalui pelabuhan di Batam. Salah satunya menyiapkan posko pemantauan di setiap pelabuhan.

Barlet menjelaskan, kenaikan penumpang arus mudik Natal dan tahun baru dari jalur laut diperkirakan sekitar lima persen dibanding tahun 2017 lalu, sehingga optimalisasi pelayanan menjadi hal yang harus dilakukan. Tidak hanya perihal pelayanan, Kanpel Batam juga sudah memberikan bekal tambahan bagi petugas untuk memberikan jaminan keamanan penumpang.

“Ini untuk menyamankan masyarakat yang mudik. Sebelum ini kami juga lakukan kampanye keselamatan, jadi kalau ada keadaan darurat petugas sudah bersiap,” katanya.

Pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan narkoba dan kru kapal yang bertugas. Fokus utama pemeriksaan adalah nakhoda kapal, di mana nakhoda memiliki tanggung jawab besar dalam menjamin keselamatan penumpang.

Dalam prosesnya nanti, Kanpel Batam akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan para nakhoda terbebas dari narkoba. “Kami akan lakukan secara random, untuk waktunya belum tentukan. Kami pastikan nakhoda tidak mengkonsumsi zat berbahaya karena ini sangat penting untuk keselamatan penumpang,” kata Barlet.

5.432 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru 2019

Polda Kepri menyiapkan 5.432 personel dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019. “Sebanyak 5.423 porsenel yang akan diterjunkan untuk pengamanan terbagi dalam dua operasi yakni Operasi Lilin dan Operasi Mantap Brata,” kata Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakorda) di Mapolda Kepri, Senin (17/12).

Hal ini dilaksanakan lantaran saat ini juga tangah berlangsung proses Pemilu 2019. 5.423 porsenel dipisahkan dalam dua operasi, yakni Operasi Mantap Berata sebanyak 706 porsenel yang fokus pada tugasnya itu.

“Untuk sisanya untuk pengamana Natal dan Tahun Baru 2019 atau Operasi Lilin,” ujarnya.

Selain menerjunkan ribuan porsenel, Polda Kepri juga akan mendirikan pos pelayanan dan pos pengamanan di sejumlah titik titik. Di mana saat ini tengah dilakukan evaluasi di titik-titik mana saja yang perlu dibangun pos pelayanan dan pos pengamanan.

“Jumlah pos masih kami evaluasi untuk ada penambahan dari tahun sebelumnya, karena akan ditambahkan seperti di pelabuhan penyeberangan, objek wisata dan tempat tempat ibadah,” ujarnya.

Operasi ini akan berlangsung mulai 23 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. Apel gelar pasukan direncanakan akan dilaksanakan pada Jumat (21/12). “Operasi ini hanya berlangsung selama 10 hari,” kata Yan.

agung dedi lazuardi/dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com