SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

20 Peserta Tampilkan Teknologi Tepat Guna

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Juni 2019 | 16:21
  • Dibaca : 195 kali
20 Peserta Tampilkan Teknologi Tepat Guna
Ilustrasi Foto Arrazy Aditya.

BATAMKOTA – Sebanyak 20 peserta mengikuti lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Batam yang berlangsung mulai kemarin di Mal Botania 2, Batam Centre.

Mewakili Walikota Batam HM Rudi, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah membuka secara resmi, lomba TTG. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama dua hari dan akan ditutup pada Jumat (14/6) mendatang.

Pada kegiatan tahun ini terlihat ada beberapa produk inovasi yang dibuat peserta lomba seperti alat penghisap minyak rem elektrik, kemudian RT/RW compost tea yang berfungsi mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia dan penggunaan pestisida, alat terapi wicara, pemotong rumput tenaga surya, dan lain sebagainya.

Pada Rabu (12/6) hanya pembukaan saja namun pelaksanaan lomba baru akan dimulai pada Kamis (23/6). Hasyimah dalam kesempatan ini merespons positif antusias dari para peserta lomba.

Menurut laporan dari panitia penyelenggara kegiatan Zul Arif, ada 20 peserta yang akan mengikuti lomba TTG Tingkat Kota Batam tahun ini. Jumlah tersebut terbagi untuk dua kategori yakni pelajar sebanyak 15 peserta dan umum 5 peserta.

“Tahun tahun sebelumnya, tercatat kegiatan ini hanya diikuti belasan peserta dan tahun ini 20 peserta berarti ada peningkatan,” ujar Hasyimah.

Dia mengatakan Pemko akan terus mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakat. Dalam kesempatan ini dia juga mengingatkan kepada peserta yang akan menang nantinya, supaya tidak cepat puas begitu saja.

“Jangan puas sampai sini saja, kedepannya harus mengembangkan produknya sehingga bisa lebih baik lagi dan peserta yang belum menang harus tetap berkarya,” ujarnya.

Sementara itu panitia penyelenggara kegiatan Zul Arif mengatakan lomba TTG Tingkat Kota Batam semula akan digelar Maret yang lalu. Namun, pada saat itu ada halangan dan baru bisa dilakukan Juni ini.

“Harusnya Maret, tapi lomba TTG ini baru sekarang bisa dilaksanakan namun yang jelas masih bisa berlangsung sebelum TTG Tingkat Provinsi Kepri digelar,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa sama seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba TTG ini akan dipertandingkan hingga ke tingkat nasional nantinya. Diharapkan agar bisa ada peserta dari Batam yang mewakili Kepri dalam TTG tingkat nasional nantinya.

“Perwakilan Batam pernah berjaya di tingkat nasional beberapa tahun lalu, Posyantek Batam menang, juara di tingkat nasional dan diharapkan ini bisa diikuti peserta lomba tahun ini,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa peserta lomba TTG Tingkat Kota Batam tahun ini, akan bertanding dan memperebutkan total hadiah senilai Rp 40 juta. dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com