SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

208 Satpol PP Tes Urine

  • Reporter:
  • Kamis, 20 September 2018 | 13:07
  • Dibaca : 64 kali
208 Satpol PP Tes Urine
ilustrasi

KARIMUN – Sebanyak 208 orang pegawai dan honorer Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karimun menjalani pengecekan urine, Rabu (19/9/2018) pagi. Kegiatan itu bertujuan untuk memastikan pegawai dan honorer di lingkungan kerja Satpol PP bebas dari narkoba.

Pengecekan urine itu dilakukan di Gedung Nasional Karimun bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun. Wakil Bupati karimun Anwar Hasyim membuka langsung kegiatan tersebut.

“Kita mendukung penuh pelaksanaan pengecekan urine ini. Satpol PP merupakan ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, jadi mereka harus bebas dari narkoba,” ujar Anwar.

Ia mengatakan, apabila dalam pelaksanaan tes urine tersebut didapatkan ada pegawai atau honorer yang positif menggunakan narkoba, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun terlebih dahulu akan mengambil langkah pembinaan kepada yang bersangkutan.

“Kita bina mereka, awasi dan apabila kembali mengulangi, maka akan kita tindaklanjuti dengan tegas. Kalau mereka menggunakan lagi tentu ini merupakan kesengajaan, dan tidak mendukung pemerintah dalam memberantas narkoba, maka kita tindak,” ujarnya.

Bagi pegawai yang ditemukan menggunakan narkoba akan disidang kode etik untuk memberikan tindakan tegas. Namun jika honorer, maka akan diberhentikan secara tidak hormat.

“Kita tidak mau pegawai terlibat narkoba,” kata dia.

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Karimun T A Rahman mengatakan, sepanjang masa jabatannya sebagai pimpinan di Satpol PP, terhitung sudah lima orang anggotanya yang ditemukan positif menggunakan narkoba, antara lain 1 orang pegawai dan 4 lainnya honorer.

“Tahun 2017 ada lima orang yang positif, kita berikan pembinaan karena mereka hanya sebagai pengguna. Tetapi tetap, apabila melakukan lagi, kelima orang ini terancam diberhentikan,” kata Rahman.

Ia mengatakan, saat ini jumlah personel Satpol PP di Karimun berjumlah 260 orang. Kali ini personel yang ikut pengecekan urine berjumlah 208 orang, berasal dari lima kecamatan yaitu Karimun, Tebing, Meral, Meral Barat dan Buru.

“Minggu ini kita lanjutkan kembali di pulau yang akan dipusatkan di Kecamatan Kundur. Hari ini hanya lima kecamatan dan selebihnya nanti. Hasilnya akan kita sampaikan ke Pak Bupati dan beliau yang akan menyampaikan langsung nanti,” kata Rahman.

Pada kesempatan itu Bupati Karimun Aunur Rafiq juga turut meninjau lokasi pengecekan urine.

“Tadi dari hasil yang sudah dicek untuk Pimpinan Satpol PP negatif narkoba. Sedangkan personelnya masih dalam proses pengecekan,” kata Rafiq.

Dia mengatakan, Pemkab Karimun secara bertahap melakukan pengecekkan urine terhadap pegawai dan honorer di lingkungan kerja Pemkab Karimun. Ia berharap di 2019 secara bertahap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Karimun dapat dilakukan pengecekan urine.

“Karena untuk pengecekan ini membutuhkan anggaran, sehingga secara bertahap kita akan lakukan. Mudah-mudahan 2019 kita dapat menganggarkan melalui BKPSDM,” ujarnya.

Ia berharap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Karimun bersih dan bebas dari narkoba. Menurutnya pemerintah daerah selalu mendorong dan membina secara terus menerus agar kedepan dapat bebas dari narkoba.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com