SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

22 ABK WNI Diselamatkan Dari Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118 dan 117

  • Reporter:
  • Kamis, 9 Juli 2020 | 07:12
  • Dibaca : 203 kali
22 ABK WNI Diselamatkan Dari Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118 dan 117
Caption Foto : Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto saat melakukan pemeriksaan dan pengecekan Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera China yakni Lu Huang Yuan Yu 118 dan Lu Huang Yuan Yu117, Rabu (8/7/20) sore.

BATAM – Tim Gabungan Personel Ditreskrimum Polda Kepri, Ditreskrimsus, Dit Samapta, Dit Polair dan Ditresnarkoba Polda Kepri di Pelabuhan Lanal Tanjung Sengkuang, Kota Batam telah melakukan pemeriksaan dan pengecekan Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera China yakni Lu Huang Yuan Yu 118 dan Lu Huang Yuan Yu 117 yang telah diamankan oleh Gabungan Personil Ditpolairud Polda Kepri, TNI Angkatan Laut Batam dan Bea Cukai Batam yang diduga didalam Kapal tersebut dengan kegiatan sebagai berikut.

“Jadi kami telah melakukan pemeriksaan dan pengecekan kapal yang telah diamankan oleh Gabungan Personil Ditpolairud Polda Kepri, TNI Angkatan Laut dan Bea Cukai yang diduga terdapat WNI yang menjadi korban Perdagangan Orang (TPPO),” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto, Rabu (8/7/20) malam.

Dikatakannya, setelah Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman beserta para Pimpinan Tim Gabungan tersebut mengadakan press release pada Rabu (8/7/20) sore di Pelabuhan Lanal Batam, Tim langsung melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118 dengan diawali pemeriksaan Rapid Test terhadap para ABK dengan hasil semua ABK non reaktif.

“Sementara untuk korban yang meninggal dunia dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan otopsi terhadap dugaan adanya penganiayaan,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya sekitar pukul 16.30 WIB melakukan olah TKP di Kapal tempat diduga terjadi penganiayaan terhadap korban ABK yang ditemukan meninggal dunia. Selanjutnya, pukul 19.00 WIB Tim selesai melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118 serta membawa korban dan barang bukti ke Polda Kepri.

“Hasil pemeriksaan tidak ditemukan benda atau barang yang mencurigakan seperti narkotika di dalam Kapal Ikan Cina LU Huang Yuan Yu 118, namun ditemukan ada yang meninggal dunia yakni Hasan Afriyadi pria asal Lampung yang saat ini sdh berada di RS Bhayangkara untuk dilakukan pemeriksaan dan otopsi,” ujarnya.

Sementara, dari kedua kapal ini ditemukan ABK 22 WNI yang diduga menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Adapun nama WNI diatas Kapal Ikan China Lu Huang Yuan Yu 118 sebanyak 10 orang yakni Deni Maulana asal Jabar, Pahlawan Parningotan Sibuea asal Sumut, Agus Setiawan asal Lampung, Rahmat Abidin asal Jabar, Zein Rahman asal Sumut, Ali Alhamzah asal Jateng, Yona Witanto asal Jateng, Durahim asal Jabar, Nana Suharna asal Jabar dan Hasan Afriyadi (korban meninggal dunia) asal Lampung.

Sementara itu, WNI diatas Kapal Ikan China Lu Huang Yuan Yu 117 sebanyak 12 orang yakni Ahmad Baedhowi asal Jateng, Jeremy Rico Pitono asal Jatim, Noviantino asal Jatim, Muhammad Tawaqal asal Sumut, Suswandi asal Jakarta, Deddy Nuryanto asal Jatim, Ansor Azimi asal Jabar, Casipin asal Jateng, Muhammad Sokheh asal Jateng, Budiono asal Jateng Didi Nuriza asal Jateng dan Syamsul juga asal Jateng.

“Setelah melakukan interogasi di TKP terhadap ABK para WNI ini, Tim juga mengamankan ABK Kapal Ikan China Lu Huang Yuan Yu 117 ke Polda Kepri,” ujarnya.

Sementara, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Lanal Batam untuk mengamankan korban (ABK WNI) dan barang bukti lainnya yg saat ini masih berada di Kapal Ikan China Lu Huang Yuan Yu 118. Melakukan proses penyelidikan dan penyidikan dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

“Juga akan melakukan pencarian terhadap dugaan tersangka TPPO dan melakukan proses lebih lanjut,” tutupnya.

dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com