SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

22 Desa di Anambas Gelar Pilkades Serentak

  • Reporter:
  • Kamis, 25 Oktober 2018 | 10:08
  • Dibaca : 80 kali
22 Desa di Anambas Gelar Pilkades Serentak
Warga di Kecamatan Palmatak menggunakkan hak suaranya untuk memilih kepala desa, Kamis (23/11/2017). /jhon munthe

ANAMBAS – Dari 52 desa yang ada di tujuh kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas, 22 desa akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak pada 28 Oktober 2018.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosP3APMD) Ody Karyadi mengatakan, Pilkades serentak 2018 merupakan kedua kalinya dilaksanakan. Pilkades pertama berjalan dengan baik.

“Pilkades serentak yang perdana pada 2017 lalu dan berjalan lancar. Ini untuk yang kedua,” kata Ody kepada wartawan, Rabu (24/10).

Ody menambahkan, di lapangan tidak ada persoalan berarti jelang pemilihan serentak itu. Jika ada riak, menurutnya, hanya merupakan dinamika dalam pesta demokrasi.

“Sampai saat ini tahapan pilkades masih sesuai jadwal dan aturan serta tidak ada masalah. Kita berharap semua bisa berjalan lancar sehingga terpilih kepala desa sesuai keinginan masyarakat,” ujarnya.

Rata-rata, kata Ody, calon kepala desa (cakades) yang ikut dalam pilkades di setiap desa telah memenuhi syarat. Bahkan ada desa yang cakadesnya mencapai 6 orang. Namun juga ada yang hanya dua orang. Pilkades tahun ini hanya diikuti 20 desa. Dua desa lagi, yakni Desa Telaga dan Desa Linggai Kecamatan Siantan Selatan, diikutkan pada pilkades gelombang kedua lantaran batal menyelenggarakan pilkades pada gelombang pertama.

“Sebenarnya hanya 20 Desa di gelombang dua ini. Namun karena Desa Telaga dan Desa Lingai kemaren batal menyelenggarakan di gelombang pertama. Tapi yang melaksanakan pilkades selain dua desa itu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kecamatan Siantan ada lima Desa yang menggelar pilkades, yakni Desa Pesisir Timur, Desa Sri Tanjung, Desa Tarempa Barat Daya, Desa Tarempa Timur, dan Desa Tarempa Selatan. Kecamatan Siantan Selatan hanya satu desa yakni Desa Air Bini. Kecamatan Siantan Timur ada Desa Serat, Desa Temburun dan Desa Air Putih. Kecamatan Siantan Tengah hanya dua, yakni Desa Liuk dan Teluk Sunting.

“Kecamatan Palmatak menjadi kecamatan terbanyak yang melaksanakan pilkades yakni tujuh desa, yakni Desa Putik, Desa Payak Maram, Desa Teluk Bayur, Desa Piasan, Desa Matak, Desa Belibak, dan Desa Batu Ampar. Sedangkan Kecamatan Jemaja ada Desa Batu Berapit dan Desa Landak. Kecamatan Jemaja Timur telah melaksanakan Pilkades pada 2017 lalu,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com