SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

24 Napi Karimun Dipindahkan ke Lapas Batam

  • Reporter:
  • Jumat, 10 Mei 2019 | 10:10
  • Dibaca : 49 kali
24 Napi Karimun Dipindahkan ke Lapas Batam
Anggota Polri dan sipir menjaga tahanan Rutan Karimun di kapal MV Dumai Express saat pemindahan ke Lapas Batam, kemarin. f dok rutan karimun

KARIMUN – Sebanyak 24 orang warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun dipindahkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Batam, Kamis (9/5).

Pemindahan warga binaan dilakukan Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun untuk mengatasi over kapasitas yang terjadi saat ini. Kapasitas Rutan saat ini 200 orang, telah dihuni kurang lebih 400 warga binaan.

Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun Eri Erawan mengatakan, para warga binaan yang dipindahkan ini merupakan tahanan narkotika yang terdiri dari 20 orang laki- laki dan empat orang wanita.

“Semua tahanan merupakan tahanan dalam kasus narkotika. Mereka yang telah divonis oleh pengadilan dengan hukuman 5 sampai 19 tahun penjara,” ujarnya.

Pemindahan tahanan dilaksanakan melewati jalur laut dari Pelabuhan Domestik Karimun ke Batam, menggunakan kapal Dumai Express dengan penjagaan ketat aparat kepolisian.

“Empat orang wanita dipindahkan ke Lapas Perempuan di Batam, sementara 20 laki- laki ke Lapas Batam,” kata Eri.

Sebelum naik kapal, para tahanan dikumpulkan di Polsek Balai Karimun. Mereka dijaga oleh petugas kepolisian dan juga petugas lapas.

Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono mengatakan, untuk proses keberangkatan napi dikawal ketat keamanan. “Pergeseran mereka kami kawal ketat, dari rutan ke Polsek Balai sebelum naik kapal dikawal oleh puluhan petugas yang terdiri dari sipir maupun Polri,” kata Budi.

Terlihat para tahanan itu diborgol dengan gelang rantai yang terhubung satu dengan lainnya. Mereka berbaris dengan rapi saat proses pemindahan.

Untuk proses naik ke Kapal, mereka dinaikkan terlebih dahulu ke atas kapal, sebelum penumpang lainnya naik. Sementara pas turun, mereka belakangan, dan didahulukan penumpang umum.

“Sementara yang mengantar, mengawal sampai Batam ada lima sipir dan empat anggota polisi,” ujarnya. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com