SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

346 Napi Lapas Batam Terima Remisi Lebaran

  • Reporter:
  • Kamis, 22 Juni 2017 | 14:24
  • Dibaca : 405 kali
346 Napi Lapas Batam Terima Remisi Lebaran
ilustrasi

SAGULUNG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Batam mengajukan remisi lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah kepada 346 narapidana (napi). Bila pengajuan remisi diterima, empat di antaranya bisa langsung menghirup usara bebas saat lebaran nanti.

Pemotongan masa tahanan tersebut sesuai surat keputusan dari Menteri Hukum dan HAM bagi para warga binaan yang menganut agama Islam di seluruh lapas Indonesia. Untuk mendapatkan remisi, warga binaan harus memenuhi syarat dan ketentuan sesuai undang-undang yang ada seperti berkelakuan baik dan tidak melanggar tata tertib lapas dalam satu tahun terakhir. “Memang setiap hari besar keagamaan sejumlah napi yang memenuhi syarat akan mendaptkan pengajuan remisi,” kata Kepala Lapas kelas IIA Barelang Marlik Subiyanto, Rabu (21/6).

Meskipun 346 napi akan mendapatkan remisi, namun hal tersebut menunggu persetujuan dari ke Kementerian Hukum dan HAM RI. Nantinya, kementerian akan mengirimkan daftar napi yang akan mendapatkan remisi. “Setelah salat Idul Fitri kami akan umumkan,” katanya.

Sejumlah napi yang diajukan untuk mendapatkan remisi khusus lebaran adalah semuanya kasus kriminal umum dan yang telah memenuhi persyaratan remisi sesuai peraturan pemerintah (PP) nomor 99 tahun 2012 tentang hak dan kewajiban narapidana. “Mereka yang dapat remisi sudah memenuhi syarat, seperti menjalani pidana selama enam bulan terhitung sejak mulai ditahan,” ujarnya.

Saat ini jumlah tahanan di Lapas Kelas IIA Barelang Batam, berjumlah 1.400 orang. “Kami berharap kepada seluruh napi yang akan mendapatkan remisi, agar terus semangat dan berkelakuan baik sampai nanti kembali ke masyarakat luar. Sementara untuk napi yang belum mendapatkan remisi, harus terus bersemangat dalam berbuat baik,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com