SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

355 Rumah Terima Program BSPS Tahun 2020

  • Reporter:
  • Selasa, 5 November 2019 | 14:49
  • Dibaca : 75 kali
355 Rumah Terima Program BSPS Tahun 2020
ilustrasi

SEKUPANG – Tahun 2020 mendatang Batam kembali mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Ada 355 unit rumah yang akan mendapatkan bantuan masing-masing senilai Rp17,5 juta. Program BSPS merupakan kegiatan pemerintah pusat. Anggarannya disalurkan dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Eryudhi Apriadi mengatakan, jumlah rumah yang akan mendapatkan bantuan lebih banyak dari tahun ini. Di mana pada tahun 2019 ada sekitar 190 rumah.

“Tahun depan BSPS masih. Jumlahnya 355 unit berupa peningkatan kualitas perumahan warga,” ujarnya, Minggu (3/11).

Program ini sudah berlangsung sejak tahun lalu, di mana ahun 2018 Batam mendapat program BSPS untuk 198 unit rumah. Tiap rumah menerima Rp15 juta. Sedangkan di 2019, jumlah penerima BSPS sebanyak 190 rumah tak layak huni. Dengan nilai bantuan Rp17,5 juta per rumah.

“Untuk tahun depan nilainya masih sama, Rp17,5 juta untuk masing-masing penerima bantuan,” kata dia.

Terkait penyebaran bantuan, menurut Eryudhi, akan ditentukan kemudian. Berdasarkan hasil rapat, verifikasi, dan petunjuk teknis pengerjaan. Yudhi mengatakan, proses rehabilitasi rumah diperkirakan akan mulai pada bulan April. Karena biasanya didahulukan dengan rapat koordinasi dengan kementerian terkait.

Penerima program diambil dari data warga miskin yang ada di Kementerian Sosial. Data ini diserahkan oleh tiap kelurahan. Bagi yang lolos verifikasi akan diminta untuk lengkapi berkas administrasi. Seperti KTP, Kartu Keluarga, bukti kepemilikan bangunan, dan legalitas lahan.

“Nanti ada juknis (petunjuk teknis) pengerjaannya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat bantuan ini. Maka nanti akan ada tim yang mengecek ke lapangan untuk melihat kondisi rumah calon penerima bantuan,” katanya Yudhi.

Sebagaimana diketahui bahwa BSPS merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU).

Melalui program BSPS ini diharapkan bisa mengurangi kawasan kumuh di Kota Batam. Serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui rumah yang layak huni. Setidaknya ada tiga kriteria bantuan obyek dari program tersebut, yakni peningkatan kualitas (PK), pembangunan baru (PB), dan pembangunan PSU.

Untuk PK, RTLH menjadi sasaran program BSPS dan yang bisa mendapatkan bantuan ini adalah RTLH dengan kondisi tak memenuhi persyaratan seperti keselamatan bangunan, kecukupan minimal luas bangunan, dan atau kesehatan penghuni. Setidaknya ada sembilan kriteria ketidaklayakan sebuah rumah.

Adapun kriteria-kriteria tersebut adalah luas lantai per kapitanya kurang dari 7,2 meter persegi,dan jenis atap rumah terbuat dari daun atau lainnya. Kemudian jenis dinding rumah terbuat dari bambu, lantainya tanah, tak memiliki akses ke sanitasi layak, sumber penerangan bukan listrik, dan tak ada akses ke air minum layak. Sedangkan untuk PB dilakukan apabila rumah benar-benar sudah dalam keadaan tak layak huni dengan diikuti kondisinya yang nyaris hancur.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com