SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

415 PNS Bolos di Hari Pertama Kerja

  • Reporter:
  • Selasa, 11 Juni 2019 | 15:13
  • Dibaca : 120 kali
415 PNS Bolos di Hari Pertama Kerja
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAMKOTA – Sebanyak 415 dari 3.349 pegawai negeri sipil di lingkungan Pemko Batam membolos pada hari pertama kerja setelah libur Idulfitri 1440 hijriah, kemarin.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan memberikan sanksi yang tegas kepada para pegawai yang sengaja bolos masuk kerja tanpa ada keterangan yang jelas. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyatakan sebelum libur Lebaran sudah mengimbau seluruh pegawai untuk tidak menambah hari liburnya.

Dia tidak akan segan untuk memberikan sanksi tegas baik administrasi ataupun tindakan disiplin sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada. Terlebih lagi bagi pegawai yang sengaja tidak masuk kerja tanpa ada alasan yang jelas.

“Pak Sekda yang akan kasih sanksi, sudah ada aturan masing-masing. Tindakan disiplin, administrasi dan lain-lain,” kata Rudi, saat memimpin apel di Dataran Engku Putri, Senin (10/6).

Ia mengaku sudah memerintahkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempertanyakan langsung alasannya kepada para pegawai yang tidak masuk di hari pertama kerja. Jika alasannya dikira tidak bisa masuk akal tentu sanksi tegas akan diberikan.

Pada kesempatan itu para pegawai di lingkungan Pemko Batam juga menggelar halal bihalal. Satu per satu pegawai menyalami Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda dan Kepala OPD yang berdiri di depan lapangan. Setelah bersalaman, pegawai bersantap juadah yang disajikan. Menu tersaji antara lain bakso, roti jala, lontong, dan es mangga.

Halal bihalal pegawai ini sudah menjadi agenda rutin Pemko Batam beberapa tahun terakhir. Spesialnya tahun ini dihadirkan artis penyanyi dari ajang kontes dangdut nusantara. Rudi juga menyampaikan permohonan maaf atas nama unsur pimpinan kepada seluruh jajaran. Dan ia berharap para pegawai sudah bisa kembali bekerja seperti biasa.

“Puasa sudah selesai. Syawal sedang berlangsung. Mari kita kembali bekerja. Kejar apa yang tertinggal. Terkait pegawai yang tidak hadir, akan terlebih dulu ditanyakan penyebabnya. Apabila tanpa disertai alasan yang jelas, akan dikenai sanksi sesuai aturan kedisplinan pegawa,” katanya.

112 Pegawai BP Batam

Sementara di lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam dari 2.600 pegawai, sebanyak 112 pegawai juga tidak masuk kerja di hari pertama pasca libur Lebaran. Hanya saja para pegawai tersebut dinilai sebelumnya sudah mengajukan cuti, sehingga tidak akan ada sanksi yang akan diberikan kepada para pegawai yang tidak masuk kerja tersebut.

Kasubdit Humas BP Batam, Muhammad Taofan mengatakan sudah ada aturan yang jelas terkait libur lebaran Idul Fitri bagi para ASN, termasuk juga di lingkungan BP Batam. Sanksi pasti diberikan kepada pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas, namun jika statusnya cuti tentu tidak akan ada sanksi.

“Dalam pengajuan cuti sendiri sudah ada mekanisme yang mengatur. Intinya BP Batam juga akan tegas kepada pegawai yang tidak masuk tanpa ada alasan yang jelas,” kata Taofan.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com