SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

44 Calon Anggota Dewan Serahkan LHKPN

  • Reporter:
  • Selasa, 13 Agustus 2019 | 13:15
  • Dibaca : 133 kali
44 Calon Anggota Dewan Serahkan LHKPN
Penetapan caleg DPRD Kota Batam terpilih periode 2019-2024 di Hotel Travelodge Batam, Sabtu (10/8). /ist

BATAM – Calon Anggota DPRD Kota Batam terpilih wajib menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam tidak mencantumkan nama-nama wakil rakyat yang tidak menyerahkan laporan kekayaan untuk dilantik kepada Gubernur Provinsi Kepri.

Anggota KPU Kota Batam Zaki Setiawan mengatakan, penyampaian LHKPN diatur dalam Pasal 37 Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu. KPU Batam telah menetapkan calon terpilih anggota DPRD Kota Batam pada 10 Agustus 2019.

“Batas waktu penyerahan tanda terima LHKPN kepada KPU adalah tujuh hari setelah penetapan hasil pemilu. Bagi calon terpilih yang telah menyerahkan bukti tanda terima LHKPN, KPU Batam mengajukan nama calon terpilih yang akan dilantik kepada gubernur melalui wali kota,” ujar Zaki, Senin (12/8).

Sampai kemarin, lanjut Zaki, sudah 44 calon terpilih yang telah menyerahkan tanda terima LHKPN. Tanda terima ini ada yang disampaikan melalui petugas penghubung partai politik yang mencalonkan calon terpilih dan ada juga yang disampaikan langsung oleh calon terpilih. Sisanya enam orang belum menyerahkan tanda terima LHKPN. Partai Kebangkitan Bangsa seluruh calon anggota DPRD Batam-nya belum menyerahkan. Sedang partai Golkar masih kurang satu dari total enam orang yang akan dilantik. Partai Persatuan Pembangunan juga belum menyerahkan LHKPN anggota dewannya dan terakhir Partai Amanat Nasional masih kurang satu dari total lima calon anggota dewan. Partai yang sudah lengkap LHKPN-nya yakni Gerindra, PDI-P, Nasdem, PKS, PSI, Hanura dan Demokrat.

Sementara berdasarkan surat KPU RI nomor 861/PL.01.4-SD/06/KPU/V/2019, tanda terima LHKPN yang disampaikan kepada KPU/ KPU Provinsi, dan KPU kabupaten/kota adalah tanda terima terhadap LHKPN yang dilakukan calon pada rentang waktu sejak ditetapkan sebagai calon tetap.

Penetapan calon anggota legislatif dalam Daftar Calon Tetap (DCT) adalah 20 September 2018. Artinya penyampaian tanda terima adalah untuk pelaporan LHKPN setelah 20 September 2018 sampai 7 hari setelah penetapan calon terpilih pada 10 Agustus 2019.

KPU Batam mengimbau calon terpilih yang belum menyerahkan tanda terima LHKPN untuk segera menyampaikan hingga batas waktu yang ditentukan, yakni tujuh hari setelah penetapan. Sebab ini akan menjadi salah satu dasar bagi KPU Batam untuk mengajukan nama-nama anggota DPRD Batam yang akan dilantik kepada gubernur.

“Lebih cepat lebih baik, karena waktunya mepet dan KPU Batam harus segera menyerahkan berkas-berkas untuk pengajuan pelantikan kepada gubernur,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com