SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

65 Tersangka Narkoba Diringkus Sepanjang 2018

  • Reporter:
  • Sabtu, 14 Juli 2018 | 11:01
  • Dibaca : 220 kali
65 Tersangka Narkoba Diringkus Sepanjang 2018
Kasatnarkoba Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali

PINANG – Sepanjang 2018 hingga pertengahan Juli Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tanjungpinang telah meringkus 65 tersangka dari laporan polisi (LP) tindah pidana narkotika. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu. Di 2017 Satnarkoba menangkap 82 tersangka dari 56 LP hingga akhir tahun.

“Kalau dilihat ada peningkatan perilaku baik pengedar dan pemakai di Tanjungpinang. Jumlah ini tentu akan bertambah sampai akhir tahun,” kata Kasatnarkoba Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (13/7/2018).

Ali menilai saat ini Tanjungpinang bukan lagi sebagai kota transit narkoba dari luar negeri. Melainkan salah satu kota dengan peredaran narkoba yang cukup tinggi. Selama ini Tanjungpinang dikenal sebagai salah satu daerah pintu masuk narkoba dari Malaysia dan Singapura yang diselundupkan lewat jalur laut.

“Kita tidak ingin Tanjungpinang sebagai tempat peredaran narkoba, kita akan terus menekan peredarannya di Tanjungpinang,” kata dia.

Menurutnya dengan meningkatnya tindak pidana narkotika di Tanjungpinang, akan mengkhawatirkan masyarakat. Terutama generasi muda yang dapat terpengaruh dengan berbagai macam jenis narkoba. Untuk mengantisipasi hal itu, masyarakat harus berperan dan aktif mengawasi perdaran narkoba di Tanjungpinang. Setiap ada gerak-gerik mencurigakan terkait narkoba agar segera melapor kepada polisi atau Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanjungpinang.

“Sumber informasi ada pada masyarakat, sekecil apapun itu sangat dibutuhkan. Kita imbau masyarakat jangan takut melapor ke polisi dan BNN, pelapor akan kita lindungi,” ujar Ali.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang mengajak semua komponen masyarakat untuk sama-sama memerangi narkoba di Tanjungpinang. Tujuannya agar generasi muda tidak terpengaruh dengan segala ancaman narkoba. Penjabat Sementara Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza mengatakan, pemerintah akan menyatukan dan menggerakkan semua komponen masyarakat untuk memerangi narkoba. Generasi muda harus dicegah sejak dini agar tidak terpengaruh dengan segala jenis narkoba yang beredar di tengah masyarakat.

“Kita harus menyatakan secara bersama-sama perang melawan narkoba agar generasi sehat dari narkoba. Masalah ini harus serius diatasi agar generasi muda tidak mudah dipengaruhi narkoba,” kata Ariza usai mengikuti senam bersama dalam rangka Perayaan Puncak Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2018, di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Kamis (12/7).

Menurutnya persoalan narkoba tak cukup dengan sosialisasi saja. Semua harus bergerak untuk melawannya. Dia juga meminta kepada orang tua di Tanjungpinang agar mengawasi anak-anaknya agar tak terpengaruh narkoba. Bagi masyarakat yang melihat juga harus segera melapor ke pihak berwajib.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com