SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

658 Pekerja Ikuti Sertifikasi Jasa Kontruksi

  • Reporter:
  • Jumat, 19 Juli 2019 | 15:23
  • Dibaca : 86 kali
658 Pekerja Ikuti Sertifikasi Jasa Kontruksi
ilustrasi

BATAMKOTA – Sebanyak 658 tenaga kerja mengikuti uji sertifikasi jasa kontruksi di One Batam Mall, Kamis (18/7). Kegiatan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja jasa kontruksi dibuka oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Kepala Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh, Yusuf Rachman.

Yusuf menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam. “Uji kompetensi ini digelar selama tiga hari. Peserta yang disertifikasi merupakan tenaga kerja terampil dengan bidang jabatan bangunan,” ujarnya.

Selain untuk mengukur kompetensi para tenaga kerja kontruksi, sertfikasi ini juga diharapkan dapat mempermudah tenaga kerja mendapatkan pekerjaan. Adapun tempat uji kompetensi akan dilakukan di One Batam Mall, Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah dan Proyek Kawasan Wisata Golden Prawn.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan, uji sertifikasi kompetensi yang diikuti ini sebagai salah satu bukti dari keahlian yang dimiliki. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Kontruksi, mensyaratkan setiap pekerja kontruksi yang bekerja di wilayah Indonesia memiliki sertifikat keahlian. Sertikat yang diperoleh setelah uji kompetensi ini berlaku di tingkat nasional dan internasional.

“Uji kompetensi ini sebagai bentuk penyelesaian kebutuhan pekerja dalam melaksanakan tugas pada bidang kerja masing-masing. Ilmu yang sudah dimiliki harus dibuktikan dengan sertifikat. Sertifikat juga diberikan secara gratis oleh Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh,” jelasnya.

Kepada Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh, Rudi berterimakasih karena telah menyelenggarakan uji sertifikasi kompetensi jasa kontruksi bagi tenaga kerja di Kota Batam. Sebagai orang nomor satu di Batam berkeinginan produksi apapun di Kota Batam berstandar internasional.

“Contoh jalan yang dibangun, tidak membongkar jalan lama tapi membangun jalan baru. Tentunya daya tahan jalan bisa puluhan tahun. Sehingga orang datang ke Batam kita bangga. Bapak harus bangga punya sertifikat ini, sehingga Batam bisa jadi contoh bagi seluruh Indonesia,” kata Rudi. agung dedi lazuardi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com