SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

690 Pemohon Urus Syarat Bacaleg di PN Tanjungpinang

  • Reporter:
  • Jumat, 6 Juli 2018 | 15:04
  • Dibaca : 129 kali
690 Pemohon Urus Syarat Bacaleg di PN Tanjungpinang
ilustrasi

PINANG – Kantor Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang mencatat sebanyak 690 orang pemohon syarat bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Permohonan bacaleg ini tercatat untuk DPRD Kabupaten Bintan, Lingga, serta Kota Tanjungpinang, DPRD Provinsi Kepri, dan DPR RI.

Humas PN Tanjungpinang Santonius Tambunan mengatakan, jumlah bacaleg yang tercatat tersebut terhitung sejak Januari 2018. Pemohon mengajukan surat keterangan tidak pernah dipidana lima tahun atau lebih untuk keperluan persyaratan caleg, komisioner bawaslu, komisioner kominfo, dan lainnya.

“Surat keterangan yang dikeluarkan pada umumnya untuk bacaleg, tapi ada juga kepentingan komisioner lainnya,” kata Santonius di PN Tanjungpinang, Kamis (5/7/2018).

Menurut dia, jumlah itu dipastikan akan terus bertambah sampai batas waktu penutupan pendaftran bacaleg. Surat keterangan ini merupakan salah satu syarat yang harus dilampirkan bacaleg saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bagi pemohon yang telah melengkapi persyaratan, surat keterangan itu langsung dikeluarkan dan tidak dipungut biaya. Saat ditanya jumlah masing-masing kabupaten/kota yang mengajukan, Santonius, mengaku belum merincinya.

“Komposisi untuk kabupaten/kota atau provinsi belum tahu berapa, karena jumlah ini kan masih terus bertambah. Suratnya langsung dikeluarakan beberapa jam saja, kalau syaratnya sudah lengkap,” kata dia.

Laode Iwan Solihin salah satu calon legislator mengaku mengurus surat keterangan tidak pernah dipidana untuk keperluan pendaftaran caleg. Dia menuturkan, berniat maju sebagai legislator untuk DPRD Tanjungpinang. Iwan maju karena banyak yang meminta agar dirinya mecalonkan kembali. Sebab, dia sudah tiga kali mencalonkan diri.

“Urus kelengkapan baceleg. Banyak partai yang menawarkan agar maju kembali. Saya secepatnya daftar ke KPU,” kata Iwan.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com