SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

7.387 Surat Suara di Anambas Rusak

  • Reporter:
  • Rabu, 13 Maret 2019 | 10:10
  • Dibaca : 197 kali
7.387 Surat Suara di Anambas Rusak
Ilustrasi. DOK SINDOBATAM

ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Anambas menemukan 7.387 surat suara rusak saat melakukan penyortiran yang terdiri dari 6.644 lembar untuk DPRD kabupaten dan 743 lembar DPRD provinsi. Hasil temuan ini masih sementara dan penyortiran masih berlangsung serta kemungkinan masih ditemukan kertas suara yang rusak.

“Penyortiran masih berlangsung dan dilakukan cukup hati-hati dan teliti. Dan kami pastikan kerusakan itu bukan dari petugas KPU yang menyortir,” kata Divisi Logistik KPU Anambas Jumadil, Selasa (11/3).

Jumadil mengakui, kerusakan surat suara tersebut berasal dari percetakan, dan bukan rusak selama perjalanan. Kerusakan surat suara tersebut tergabung dalam kategori ringan, sedang dan berat. Adanya temuan kerusakan surat suara tersebut saat ini sudah dilaporkan kepada KPU Provinsi dan terus dilakukan koordinasi.

“Kerusakannya bermacam-macam, ada yang mengkerut, pudar, robek, bertitik, bernoda dan tidak sesuai design. Sampai saat ini yang disortir masih surat suara DPRD kabupaten dan provinsi. Terkait kerusakan itu, kami masih menunggu arahan dari KPU Pusat dan kami sudah konsultasi dengan KPU Provinsi,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelipatan surat suara dilakukan terhadap surat suara kategori bagus dan waktu penyortiran yang awalnya diperhitungkan 10 hari harus dilakukan penambahan.

“Untuk DPRD kabupaten sebanyak 29.460 yang kita lipat, sedangkan DPRD provinsi sebanyak 8.261 lembar. Kami belum bisa pastikan kapan selesai, karena perhitungan kami mundur. Awalnya target 10 hari, tetapi belum selesai. Penyortiran dan pelipatan juga kami lakukan per dapil agar tidak bercampur,” katanya.

Surat suara yang diterima KPU Anambas terdiri dari 32.160 lembar surat suara capres-cawapres, 32.160 lembar surat suara DPR-RI dapil Kepri, 32.160 lembar surat suara DPD, DPRD provinsi dapil Anambas-Natuna, dan 35.161 lembar surat suara DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com