SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

86 Fakultas Kedokteran Ikut Muktamar AIPKI

  • Reporter:
  • Senin, 19 Agustus 2019 | 11:41
  • Dibaca : 154 kali
86 Fakultas Kedokteran Ikut Muktamar AIPKI
Hotel Planet Holiday. /TEGUH PRIHATNA

BATUAMPAR – Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) menggelar Muktamar ke-10 di Hotel Planet Holiday pada 5-8 September mendatang. Kegiatan yang akan diresmikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani ini akan memilih ketua umum yang baru untuk periode selanjutnya.

Ketua Panitia Muktamar AIPKI, Ibrahim mengatakan, kegiatan akan diikuti sekitar 86 Fakultas Kedokteran dari universitas negeri dan swasta seluruh Indonesia. Setiap fakultas akan diwakili dekan bersama tiga orang pendamping untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini.

“Jadi total sekitar 400 orang dari seluruh fakultas kedokteran negeri dan swasta di seluruh Indonesia,” ujarnya kepada KORAN SINDO BATAM, Minggu (18/8).

Kegiatan ini bertujuan untuk memilih Ketua Umum AIPKI dan berdiskusi menghasilkan rumusan-rumusan yang akan diusulkan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan kementerian lainnya demi kemajuan pendidikan kedokteran di Indonesia.

“Rencananya akan dibuka oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan dihadiri setidaknya dua pejabat eselon satu dari Kemenkes dan Kemenristek-dikti. Juga akan hadir berbicara dari KKI ( konsil kedokteran Indonesia) serta pakar-pakar pendidikan kedokteran lainnya, termasuk pembicara luar negeri,” jelasnya.

AIPKI, kata dia, merupakan forum komunikasi institusi penyelenggara pendidikan kedokteran di Indonesia. AIPKI didirikan sebagai lembaga yang menghimpun aspirasi seluruh institusi pendidikan kedokteran di Indonesia, sehingga dapat menjalin dan menjembatani komunikasi antara institusi penyelenggara pendidikan kedokteran dengan stakeholder, organisasi profesi kedokteran dan pemerintah.

“Dengan adanya komunikasi dan kerjasama ini diharapkan mampu memberikan masukan yang konstruktif demi perbaikan mutu penyelengaraan pendidikan kedokteran di Indonesia,” ujarnya.

Salah satu upaya AIPKI adalah untuk selalu berkembang dan bergerak mengikuti perkembangan di bidang pendidikan kedokteran dan kebijakan pemerintah yang terkait bidang kesehatan. Sesuai dengan tema Muktamar AIPKI ke-10 yaitu, The Indonesian Medical Education Association as Prime Partner of Government to Strengthen Health System.

“Yaitu diharapkan kegiatan AIPKI selalu berorientasi perkembangan pendidikan kedokteran dan menjadi mitra pemerintah demi penguatan sistem kesehatan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia,” katanya.

Ibrahim menambahkan, pihaknya juga menyiapkan tour one day kepada peserta muktamar yaitu perjalan dari Batam-Singapura-Lagoi dan keliling Kota Batam.”Juga kami undang dari produsen oleh-oleh Batam-Kepri untuk pameran memperkenalkan produk-produk Batam dan Kepri,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com