SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

94 Rumah Warga Busung Dibangun Tahun Ini

  • Reporter:
  • Kamis, 4 Mei 2017 | 10:43
  • Dibaca : 533 kali
94 Rumah Warga Busung Dibangun Tahun Ini

SERI KUALA LOBAM – Kepala Desa Busung Rusli alias Yos mengatakan, satuan kerja (Satker) Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Kepri akan membangun 94 rumah relokasi warga Busung. Proyek dikerjakan PT Surya Bangun Pertiwi (SBP) Lobam ini akan dibangun di atas lahan 65 hektare.

“Saat ini sedang dilaksanakan pematangan lahan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Bintan. Kemungkinan (pematangan lahan) selesai akhir Juli dan dilanjutkan pembangunan,” ujar Yos di Toapaya, Rabu (3/5).

Kepala Bidang Permukiman Dinas Perkim Zulfikar mengatakan, setiap rumah dibangun dengan ukuran 6×6 meter. Dengan dua kamar tidur, ruang tamu, juga dapur.

“Setelah selesai pematangan lahan, nanti kita serahkan kepada Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Kepri,” katanya.

Asisten I Bupati Bintan, Bidang Administrasi Pemerintahan Ismail mengatakan, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), rumah khusus yang akan dibangun memiliki luas 36 meter persegi. Terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi dan ruang tamu.

Sementara untuk fasilitas Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) juga disediakan listrik, air, jalan lingkungan dan drainase. Sehingga memenuhi kriteria layak huni dan layak fungsi. “Dananya melalui APBN 2017,” ujar Ismail.

Relokasi 94 unit rumah warga Desa Busung ini tidak bisa melalui rehab RTLH APBD Bintan karena tidak sesuai peruntukan. Maka dari itu, kata dia, program diajukan ke Kemenpupera.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Serikuala Lobam Gendi mengatakan, dalam program penyelesaian relokasi dan program rumah khusus, diharapkan kerjasama antar sesama kelompok masyarakat dan tim pendamping. Selain itu, diharapkan model atau bentuk rumah dibangun bisa satu model sebagai bentuk penataan lingkungan.

“Sebagai bentuk penataan lingkungan hendaknya rumah khusus dibangun memiliki model yang sama. Kalau bisa nantinya program pembangunannya menciptakan contoh sebuah pemukiman yang baik dan nyaman,” terangnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com