SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Abidin Terkenang Masakan Daun Singkong Mertua

  • Reporter:
  • Jumat, 14 April 2017 | 12:01
  • Dibaca : 439 kali
Abidin Terkenang Masakan Daun Singkong Mertua
Keluarga melihat jenazah mertua Abidin. Foto Agung Dedi Lazuardi.

LUBUKBAJA – Pang Boh Kio, ibu mertua pengusaha ternama di Batam, Abidin meninggal dunia, Rabu (12/4) sekira pukul 16.30. Berpulangnya sang mertua mengingatkan Abidin masakan daun singkong yang pernah dibuat khusus untuknya.

Abidin mengaku sangat kehilangan. Dia tidak menyangka bahwa ibu mertuanya akan berpulang, kemarin. “Padahal beliau sehat-sehat saja. Malah sore itu sempat mandi. Tapi tiba-tiba sudah tidak ada,” ujarnya saat ditemui di Rumah Duka Marga Tionghoa Batam di Batubatam, Kamis (13/4).

Di mata Abidin, Pang Boh Kio adalah sosok mertua yang sederhana dan tidak pernah menuntut apa-apa kepada anak ataupun menantunya. “Ibu itu orangnya baik, low profile dan sederhana. Beliau pendiam, nggak banyak ngomong,” katanya.

Kendati merupakan pribadi yang pendiam, namun Abidin tak menyangkal memiliki kenangan Indah bersama mertua. Bos PT Sat Nusa ini mengaku pernah dimasakkan makanan sederhana yakni daun singkong sambal. “Waktu itu beliau masakin saya di acara makan malam biasa. Dan rasanya enak sekali,” kenang Abidin.

Meskipun jarang bercanda, namun Abidin mengaku sangat merasakan kasih sayang mertua yang meninggal di usia 80 tahun itu. “Mungkin saya salah satu menantu kesayangan beliau,” ujarnya.

Sementara itu, anak kelima Pang Boh Kio, Sumardi mengaku bahwa sang ibunya merupakan sosok wanita tangguh. Pang telah ditinggal sang suami saat keenam anaknya masih kecil, tak berhenti berjuang untuk membesarkan anak-anaknya. “Beliau sempat berdagang sayur untuk membesarkan anak-anaknya. Sayur yang ada di kampung kami ke Karimun untuk dijual,” kata Sumardi.

Meskipun hidup dalam kondisi sulit, namun sang ibu tak pernah mengeluh. Bahkan, untuk menyenangkan anak-anaknya, sang ibu tidak pernah memikirkan kebahagiannya sendiri. Di usia senja, Pang Boh Kio suka menghabiskan waktunya untuk bermain bersama cucu. Dari enam orang anaknya, dia memiliki 15 orang cucu. “Ibu selalu berpesan kepada kami dan cucu-cucunya agar jadi orang yang baik dan jujur,” kata Sumardi.

Rencananya, Pang Boh Kio akan dimakamkan pada Minggu (16/4) di TPU Sambau Nongsa. Sebelumnya, dilaksanakan kebaktian penghiburan oleh keluarga, kemarin malam.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com