SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Agar Selamat saat Berlayar, Danlanal Serukan Ini

  • Reporter:
  • Senin, 6 November 2017 | 16:00
  • Dibaca : 55 kali
Agar Selamat saat Berlayar, Danlanal Serukan Ini

NATUNA – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto bersama Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mensosialisasikan keselamatan berlayar pada nahkoda dan crew KM Bukit Raya, Senin (6/11/2017).

Danlanal Tony mengatakan, sosialisasi ini untuk membiasakan dan memberi masukan kepada crew kapal agar menjadi acuan serta pedoman keselamatan saat berlayar. Selain itu, pemahaman soal keselamatan berlayar sebagai prioritas utama dan standar operasi prosedur berlayar untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dalam berlayar.

“Selain penumpang, nahkoda dan ABK memiliki peranan paling penting dalam keselamatan berlayar,” ujarnya.

Menurut Danlanal Tony, kecelakaan saat berlayar bisa terjadi tanpa diduga. Maka dari itu nahkoda dan ABK harus mehami soal prosedur keselamatan berlayar. “Kecelakaan itu bisa juga karena kondisi alam, juga bisa karena kesalahan manusianya. Pastinya kita semua tidak ingin hal ini terjadi. Caranya adalah dengan kerjasama yang baik antara nahkoda, crew kapal serta para penumpang,” kata dia.

Di lokasi sama, Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti yang turut hadir pada sosialisasi tersebut memberikan apresiasi atas kegiatan positif yang dilakukan oleh Lanal Ranai. Meskipun kegiatan ini sering dijumpai pada saat melakukan pelayaran maupun penerbangan, akan tetapi manfaatnya dapat menyelamatkan ribuan nyawa manusia.

Dikatakan Wabup Ngesti, KM Bukit Raya merupakan salah satu sarana transportasi laut yang berjasa dalam arus penyeberangan orang dan barang di Natuna. Dalam segala musim, kapal ini bisa menjangkau semua pulau di Natuna dengan rute yang sudah ditentukan.

“Kita tidak mengharapkan sesuatu terjadi dalam pelayaran KM Bukit Raya ini. Dan sosialisasi keselamatan berlayar adalah merupakan standar operasi prosedur dalam suatu pelayaran. Pemerintah Kabupaten Natuna dalam hal ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Danlanal Ranai yang telah memberikan perhatiannya terhadap keselamatan berlayar. Kita berharap hal ini juga diterapkan kepada kapal – kapal tranportasi reguler lainnya,” harap Ngesti.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com