SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Air Atarin Berlumut, BPOM Lakukan Uji Lab

  • Reporter:
  • Jumat, 16 Februari 2018 | 10:07
  • Dibaca : 564 kali
Air Atarin Berlumut, BPOM Lakukan Uji Lab
Air Atarin Berlumut. /ABUDL GANI

KARIMUN – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam membawa sampel air kemasan gelas merek Atarin yang ditemukan berlumut, untuk diuji di laboratorium setelah ditemukan adanya sejenis lumut, Kamis (15/2/2018). Langkah itu diputuskan setelah BPOM, produsen minuman dan sejumlah perwakilan dinas terkait melakukan pertemuan di Kantor Lurah Baran Barat, Meral, menyusul penemuan air tak wajar itu.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, M Fadlah mengatakan, BPOM ingin memastikan kandungan lumut yang menyerupai lendir tersebut. Dia baru akan mendapatkan informasi kandungan itu setelah hasil uji keluar, empat hari ke depan. Sebelum ada hasil uji laboratorium, BPOM meminta pabrik Atarin di kawasan Pongkar, Tebing, tidak beroperasi terlebih dahulu.

“Penghentian sementara operasional pabrik mungkin sampai empat hari, atau sampai hasil pemeriksaan sampel selesai,” jelas Fadlah.

Dinas Perindag, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun juga telah menyikapi temuan tersebut dengan melakukan pembinaan terhadap perusahaan dan akan membawa permasalahan ke rapat internal. Terkait pengawasan, Fadlah menyebut sebagai wewenang Disperindag Provinsi Kepri.

Sementara, menurut pengakuan manajemen perusahaan kepada BPOM, saat produk selesai dikemas, bagian quality control tidak menemukan kejanggalan.

“Mereka bilang itu bukan ketelediran, karena prosesnya ketat menggunakan sinar ultraviolet sebagaimana teknis yang seharusnya dilakukan,” jelas Fadlah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com