SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ajak Kades Bersinergi Bangun Desa

  • Reporter:
  • Kamis, 12 Desember 2019 | 14:21
  • Dibaca : 145 kali
Ajak Kades Bersinergi Bangun Desa
Bupati Anambas, Abdul Haris. / Dok SINDO BATAM

ANAMBAS – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris mengajak seluruh Kepala Desa (Kades) untuk bersinergi dalam melaksanakan pembangunan. Bupati meminta agar para Kades juga selalu siap dalam menyelesaikan administrasi di Desa.

“Tugas kita sama, bapak dan ibu sebagai kepala desa melaksanakan tugasnya di desa. Mari kita sama-sama bersinergi untuk membangun Anambas ini. Usahakan tertib adminitrasi agar semua berjalan dengan lancar,” ujar Bupati Anambas, Abdul Haris, kamarin.

Abdul Haris juga menyampaikan, terkadang para Kades ada yang kurang administrasi sehingga untuk pencairan yang dilaksanakan tahap berikutnya juga akan mengalami keterlambatan. Bahkan Bupati Anambas berusaha untuk masalah pencairan jika tidak melanggar aturan dibuat dengan sistem 40-30-20-10. Sehingga awal tahun cair pertama besar bisa melaksanakan program yang telah disusun di desa sesuai dengan APBDes.

“Kalau saran saya pencairan pertama dibesarkan misalnya 40 persen, nanti kedua 30 dan ketiga 20 dan terakhir 10 persen. Jadi awal tahun apa yang direncanakan untuk dibangun sudah tersedia anggarannya, cuma apakah ini boleh atau tidak nanti kita coba lihat dulu aturannya,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Anambas Azwandi menyebutkan, masalah anggaran sudah diatur sebelumnya, namun jika ada perubahan tentunya akan melihat dari sisi aturan melanggar atau tidak. Bahkan pihaknya selama ini sesuai dengan arahan Kementerian Desa dana desa tidak boleh lebih dari 7 hari, jika transfer dari pusat tiba di kabupaten langsung ditransfer lagi kedesa selagi desa tersebut menyelesaikan administrasi pertanggungjawaban dana desanya.

“Kita juga berharap sesuai dengan arahan dari pusat jika dana transfer sudah masuk pasti kita langsung proses karena tidak boleh 7 hari di kabupten. Kami akan ditegur jika melewati batas yang dimaksud, tapi kita juga melihat desa tersebut sudah menyelesaikan administrasi atau belum, jika belum ini yang membuat adanya keterlambatan,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com