SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Akhirnya, 20 Peserta Lolos ke Grand Final Pemilihan Encik dan Puan Kota Batam

  • Reporter:
  • Selasa, 9 April 2019 | 10:28
  • Dibaca : 377 kali
Akhirnya, 20 Peserta Lolos ke Grand Final Pemilihan Encik dan Puan Kota Batam

SINDOBATAM – Sebanyak 20 peserta; 10 laki-laki dan 10 perempuan, lolos ke grand final Pemilihan Encik dan Puan Kota Batam 2019. Mereka berhasil menyingkirkan 90 peserta lain yang mendaftar hingga sesi audisi.

“Para peserta yang lolos audisi ini nantinya akan mengikuti masa karantina selama tiga hari, dari tanggal 25 hingga 27 April 2019 mendatang,” kata Barbie, panitia Pemilihan Encik dan Puan 2019 Kota Batam, Minggu (7/4/2019).

Setelah memasuki masa karantina, semua kontestan akan mengikuti grand final pada tanggal 28 April 2019. Tempatnya sama dengan tempat dilaksanakannya karantina. “Saat ini panitia sudah menetapkan bahwa tempat karantina akan dipusatkan di Pacific Palace Hotel, Jodoh,” ujarnya.

Sejauh ini, panitia Pemilihan Encik  dan Puan 2019 Kota Batam dari Disbudpar Kota Batam sudah menyiapkan beragam hadiah bagi Duta Wisata Kota Batam terpilih nanti. Bagi juara I akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp5 juta, juara II akan mendapat Rp4 juta, juara III mendapat Rp3 juta, dan juara harapan juga akan mendapat Rp2 juta. Masing-masing pemenang akan mendapat trophy dan sertifikat penghargaan, serta hadiah tambahan lainnya dari beberapa sponsor di acara ini dari kalangan perhotelan, tour & travel, dan sponsor kosmetik, serta sponsor lainnya.

Sedikit bocoran tentang pelaksanaan pemilihan Encik dan Puan Kota Batam 2019 kali ini adalah, para peserta audisi nantinya wajib membuat suatu proposal di selembar kertas, yang isinya harus seunik mungkin dengan ide yang original untuk memajukan pariwisata di Kota Batam. Proposal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta nantinya.

Dalam event pemilihan Encik dan Puan 2019 Kota Batam ini, bertindak selaku juri adalah, Direktur BTM Nur Nasution, GM Pacific Palace Hotel Sumantri Endang, dan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Koestrini Serly Ernawati.

Menurut Barbie, ada tiga hal yang diangkat dalam pemilihan Encik dan Puan Kota Batam 2019 ini, yaitu budaya, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Mereka nanti akan dibimbing oleh tenaga-tenaga ahli di bidangnya selama masa karantina. Oleh karena itu, Disbudpar Kota Batam juga melibatkan asosiasi-asosiasi yang ada di Batam untuk “memoles” para peserta audisi ini agar mumpuni sebagai Duta Wisata Kota Batam nantinya. Misalnya untuk masalah guide, bahasa asing, motivasi, etika, dan sejarah serta budaya akan dipandu oleh orang-orang atau perwakilan asosiasi yang ahli di bidang tersebut.

“Output yang diharapkan dari audisi Encik dan Puan 2019 Kota Batam ini nantinya adalah, mereka dapat menjadi Duta Wisata bagi Kota Batam selama masa dua tahun ke depan, sampai dilakukan pemilihan berikutnya. Selain itu mereka akan dilibatkan dalam setiap event promo pariwisata Kota Batam dan dalam seremoni-seremoni event pariwisata Kota Batam lainnya,” ucap Barbie.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan, dalam kegiatan yang bertajuk ‘Inspiring Millennials’ ini nantinya, peserta juga akan dapat meningkatkan kemampuan. Mereka akan di-upgrade pengetahuannya, serta dinaikkan kompetensinya di bidang kepariwisataan, sehingga  mereka akan mampu menjadi duta wisata yang mumpuni untuk mempromosikan Batam.

“Kita harapkan para finalis nantinya akan lebih giat mempromosikan Batam sebagai destinasi pariwisata nasional maupun internasional,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com