SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Aktor yang Membumi

  • Reporter:
  • Sabtu, 28 April 2018 | 15:38
  • Dibaca : 100 kali
Aktor yang Membumi

Benedict Cumberbatch yang asal Inggris meraih banyak prestasi. Perannya sebagai Sherlock Holmes dan Doctor Strange menjadikannya sebagai aktor papan atas di Hollywood.

Laki-laki bernama lengkap Benedict Timothy Carlton Cumberbatch ini lahir pada 19 Juli 1976 di Hammersmith, Inggris. Dia adalah putra pasangan aktor Timothy Carlton dan aktris Wanda Ventham. Sejak berusia 8 tahun, dia sudah bersekolah di asrama Brambletye School di West Sussex. Sejak kecil, Benedict sudah tertarik dengan seni peran. Ia pun menyalurkan keinginan dan bakatnya tersebut melalui drama-drama kecil di sekolahnya. Pentas drama pertamanya adalah Queen of the Fairies , saat dia berusia 12 tahun.

“Dia adalah aktor sekolah terbaik yang pernah saya tangani,” ujar guru drama Benedict, Martin Tyrell, seperti dilansir dari D ailymail.co.uk . Benedict pun menamatkan pendidikannya di Harrow School. Setelah lulus, dia mengambil tahun jeda untuk menjadi relawan sebagai guru bahasa Inggris di biara Tibet di Darjeeling, India. Dia kemudian kuliah di Universitas Manchester. Di kampus tersebut dia belajar drama secara lebih mendalam. Dia melanjutkan pelatihannya sebagai aktor profesional di London Academy of Music and Dramatic Art (LAMDA) dan lulus dengan gelar master of arts dalam bidang akting klasik. “Menjadi aktor kelas atas di Inggris, Anda tidak dapat melarikan diri dari pandangan mata orang lain,” ujar Benedict.

Awal tahun 2000 menjadi tahun penting bagi Benedict dalam kariernya sebagai aktor profesional. Ia tampil dalam serial televisi Silent Witness pada 2002 dan Forty Something pada 2003. Dia pun meraih kesuksesan besar saat berperan sebagai Stephen Hawking pada 2004. Sejumlah peran, baik peran antagonis, protagonis, maupun peran pembantu telah sering dia lakoni. Ia juga muncul dalam puluhan film, serial televisi, drama teater, dan drama radio. Bisa dibilang nama Benedict Cumberbatch mulai diperhitungkan sebagai aktor papan atas ketika ia memerankan detektif cerdik, Sherlock Holmes. Serial televisi tersebut ditayangkan BBC Inggris sejak 2010.

Pujian pun datang dari Steven Spielberg. Sutradara ternama ini menyebut bahwa Benedict sebagai Sherlock terbaik di layar kaca. Sejak berperan sebagai Sherlock Holmes, tawaran film pun mulai berdatangan. Bahkan, pada tahun 2013 ia membintangi beberapa film besar seperti Star Terk Into Darkness , The Fifth State , 12 Years a Slave , dan The Hobbit: The Desolation of Smaug. Tak butuh waktu lama Benedict mendapat tawaran bermain film dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Pada 2016 ia memerankan sosok superhero bernama Doctor Strange. Kemampuan aktingnya pun berlanjut pada film Avengers: Infinity War yang diluncurkan pada 2018.

“Kami telah memiliki banyak pahlawan. Banyak pahlawan yang menggunakan senjata. Tapi kali ini pahlawan yang menggunakan kekuatan otak,” ujar Benedict. Benedict menjadi aktor asal Inggris yang sangat produktif. Sejak mengawali karier aktingnya pada 1998, terhitung ayah dua anak ini telah tampil di 37 film, 27 serial televisi, 24 drama teater, 40 drama radio, 14 narasi, dan 4 video games . “Setiap pekerjaan sangat berbeda, dan saya menyukainya karena saya menampilkan keahlian dan pengalaman saya,” ujar Benedict. Pada 2015 Benedict dinominasikan untuk aktor terbaik dalam ajang Academy Award . Dia telah dinominasikan dua kali untuk Golden Globe Awards dan lima kali di SAG Awards .

Dia juga telah menerima nominasi BAFTA sebanyak enam kali dan telah dinominasikan sebanyak lima kali untuk Critics Award Film Awards . Dia telah memenangi dua penghargaan film Hollywood, satu Emmy Award , dua Golden Nymph Awards , dan satu Laurence Olivier Awards . “Apakah penghargaan mengubah karier? Ya, saya belum pernah mendengar banyak cerita di mana itu terjadi. Ini adalah alasan yang menyenangkan untuk bertemu rekan kerja dan merayakan orang-orang yang telah bekerja bersama Anda dengan sangat baik,” ujar Benedict.

Dwi nur ratnaningsih

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com