SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Amsakar Jodoh Sempurna

  • Reporter:
  • Senin, 5 Agustus 2019 | 10:19
  • Dibaca : 210 kali
Amsakar Jodoh Sempurna
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad berpidato di hadapan massa unjuk rasa di Batam Centre beberapa waktu lalu. /dok koran sindo batam

BATAM – Muhammad Rudi tetap memperhitungkan peluang maju Pilkada 2020 bersama Amsakar Achmad. Membaca beragam survey dan seirama dalam memimpin Kota Batam.

Selama empat tahun pemerintahannya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan puas dengan wakilnya Amsakar Achmad, yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Batam. Amsakar dianggap figur yang bisa sejalan seirama. Termasuk juga tidak punya agenda sendiri-sendiri, pun tidak membuat kebijakan sendiri. Rudi menyebut Amsakar punya peran penting selama pembangunan Batam empat tahun terakhir.

”Saya bisa membangun begini, karena dibantu Wakil yang cukup sempurna buat saya,” kata Rudi, belum lama ini.

Rudi menyatakan butuh orang yang sejalan dengan dirinya. Amsakar dinilainya merupakan figur yang bisa sejalan dengan dirinya dan selama ini tidak membuat kebijakan sendiri. ”Karena saya butuh orang yang sejalan dengan saya. Dan tidak membuat kebijakan sendiri. Amsakar kawan lama saya. Saya bisa begini hari ini, karena dia ikut apa kata saya,” ujarnya.

Terkait siapa pasangannya nanti di Pilkada, termasuk untuk Pilkada Batam atau Pilkada Kepri, Sekretaris DPW NasDem Kepri ini menegaskan akan menyampaikan nantinya. Walau tidak menutup kemungkinan akan ada masukan dari pihak lain, namun Rudi meyakini, masukan orang lain juga tetap untuk bersama Amsakar. ”Akan saya sampaikan nanti (wakil). Bisa dari orang lain (masukan), tapi Amsakar juga,” ujar dia.

Terkait dengan survei-survei yang dilakukan banyak pihak, baik melalui media hingga melalui aplikasi poling ponsel, Rudi mempersilakan. Walau tidak menampik untuk mempertimbangkan, namun diyakini tetap Amsakar hasilnya.”Survey saja agar tidak merasa terzolimi. Iyalah, survei saja,” katanya.

Sebelumnya, Rudi memberikan sinyal untuk tetap berpasangan dengan Amsakar Achmad. Saat ditanya soal nama Amsakar di media sosial didorong untuk Pilkada Lingga, dia minta ditanya ke Amsakar. ”Coba tanya Pak Amsakar, pilih Bupati Lingga atau tetap Wawako (Wakil Wali Kota),” kata Rudi.

Saat kemudian pertanyaan itu disampaikan ke Amsakar, dengan tegas dijawab, memilih tetap Wakil Wali Kota Batam. ”Kalau Pak Wali (tanya), ya itulah itu. Tetap Wakil Wali Kota (bersama Rudi),” tegas Amsakar meyakinkan untuk terus di Batam.

Selain persyaratan pengajuan calon berdasarkan hasil Pileg DPRD Batam 2019, konstelasi Pilwako Batam 2020 juga dipengaruhi posisi Muhammad Rudi sebagai Wali Kota Batam. Status inkumben Rudi jelas mempengaruhi peta politik dan menjadi rebutan di Pilkada 2020. Di Pilwako Batam, banyak nama yang ingin jadi wakilnya. Di Pilgub Kepri, Rudi juga diincar sebagai pasangan.

Salah satunya nama Amsakar Achmad-Wakil Wali Kota Batam ramai dibicarakan menjadi calon wakil Rudi. “Tak masalah jika nanti ada calon lain digandeng Pak Rudi. Saya juga siap jika diminta kembali maju bersama,” kata Amsakar akhir Juni lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, juga disebut-sebut menjadi nomor dua mendampingi Rudi. Mantan Kepala Dinas Pendapatan Derah Kota Batam itu menyatakan siap jika diminta Rudi mendampinginya.

Jefridin menegaskan penentuan calon Walikota atau Wakil Walikota tentunya banyak pihak yang terlibat, terutama partai politik yang memang memiliki kewenangan untuk mencalonkan seseorang.

Karena itu, ia tidak ambil pusing apakah nantinya akan dicalonkan sebagai calon Wakil Walikota Batam atau tidak. “Saya ini ASN, anak buahnya Pak Wali jadi apa yang diperintahkan beliau harus saya jalankan,” kata Jefridin.

Tokoh lain yang digadang-gadang cocok untuk mendapimgi Rudi adalah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri, Candra Ibrahim. Ia mengaku juga siap jika memang diberikan kepercayaan untuk mendampingi Rudi. Dia menilai Rudi merupakan sosok yang berhasil dalam membangun Batam. “Sudah ada komunikasi dengan partai politik, hanya masih sebatas penjajakan atau diskusi. Belum jauh membahas Pilwako Batam,” kata Candra ditanya soal komunikasi politik, akhir Juni lalu. iwan sahputra/ahmad romadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com