SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Anambas Bangun Lima Puskesmas dan Ruang Operasi

  • Reporter:
  • Senin, 13 Mei 2019 | 12:15
  • Dibaca : 113 kali
Anambas Bangun Lima Puskesmas dan Ruang Operasi
RSUD Tarempa, Kabupaten Anambas. Pemkab setempat membangun lima puskesmas dan ruang operasi di dua RSUD. /ist

ANAMBAS – Pemkab Anambas memprioritaskan pembangunan lima Puskesmas dan dua ruang operasi di RSUD Palmatak dan RSUD Jemaja.

Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto mengatakan proyek itu menjadi fokus utama demi memberi pelayanan kesehatan lebih maksimal.

“Ini upaya memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat. Kami juga fokus kepada pembangunan infrastruktur kesehatan,” kata Heri, kemarin.

Heri menjelaskan, untuk lelang lima Puskemas tersebut dilaksanakan pada pekan kedua Mei. Lelang perencanaan telah selesai, bahkan salah satu staf Dinas Kesehatan telah koordinasi dengan Kemenkes untuk meminta pengesahan.

“Hal ini dilakukan agar perencanaan tersebut benar-benar matang dan nantinya disetujui oleh pemerintah pusat yaitu kementerian kesehatan,” katanya.

Heri menjelaskan, untuk pembangunan lima Puskesmas tersebut menelan anggaran sebesar Rp40 milliar lebih, dengan masing-masing Puskesmas anggarannya sebesar Rp8,5 Milliar, dengan sumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pembangunan Puskesmas tersebut lokasinya tersebar di sejumlah Kecamatan, antara lain, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Tengah, Kecamatan Palmatak, dan Kecamatan Jemaja. “Untuk Kecamatan Jemaja Timur telah dibangun, bahkan telah dioperasikan, sedangkan Kecamatan Siantan, disini terdapat RSUD,” ujarnya.

Kendati sudah memasuki pertengahan Mei, namun Herianto optimis pengerjaannya dapat selasai tepat waktu, hal ini dikarenakan pengalaman pada tahun sebelumnya lelang juga dilaksanakan pada bulan Mei, dan pada bulan Desember pengerjaannya telah selesai.

“Pengalaman kami pada pembangunan Puskesmas Jemaja Timur, saat itu memang lelang dilaksanakan pada bulan Mei dan pengerjaanya sudah selesai pada pekan ke-2 Desember,” katanya.

Menurut Heri, selain lelang Puskesmas, pihaknya juga akan melelang pembangunan ruang operasi di dua RSUD yakni RSUD Palmatak dan Letung dengan anggaran masing-masing Rp3 milliar

“Pembangunan Puskesmas maupun ruang operasi ini didampingi oleh Tim TP4D. Ini semua demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com