SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Anambas Minta Pusat Bangun Waduk

  • Reporter:
  • Senin, 6 Mei 2019 | 10:10
  • Dibaca : 70 kali
Anambas Minta Pusat Bangun Waduk
Bupati Anambas, Abdul Haris. / Dok SINDO BATAM

ANAMBAS – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengakui bahwa sejumlah titik di beberapa desa mengalami krisis air bersih dan itu perlu dipikirkan bersama dan meminta dukungan semua pihak.

Pasalnya untuk membangun penampungan atau waduk tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Bupati juga berharap kepada Pemerintah Pusat agar dapat memperhatikan kondisi yang dialami masyarakat Anambas pada umumnya. Air bagian dari kebutuhan masyarakat setiap harinya dan itu juga menjadi pemikiran dirinya selama ini.

“Saya berharap kepada semua pihak dapat mendorong kebutuhan hal itu. Paling utama dari Pemerintah Pusat agar dapat memberi bantuan anggaran untuk pembangunan waduk dan sumur yang memiliki kapasitas yang besar,” kata Haris, Jumat(3/5).

Menurutnya, sumber air yang terletak di Desa Temburun Kecamatan Siantan yang berlimpah ruah ketika puluhan tahun yang lalu, namun kini dapat dilihat sumber air itu hilang apalagi ketika musim kemarau atau panas, maka air terjun temburun mengalami kekeringan.

“Saya berpikir ke depannya apakah perlu dilakukan pembebasan lahan di sekitar area agar tidak terjadi penebangan untuk kepentingan pembangunan pemukiman milik warga,” ujarnya.

Yang lebih parah, kata Bupati, di Desa Lidi Kecamatan Siantan Tengah boleh dikatakan tidak ada sumber air. Tentu untuk membangun sumur bor yang kapasitas yang besar butuh biaya yang sangat besar pula.

“Desa Lidi itu sumber airnya sulit didapatkan. Warga mengambil air di desa lain untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut,” ujar dia.

Pemda butuh anggaran yang besar dari Pemerintah pusat pastinya untuk mendukung pembangunan waduk skala besar. Diketahui Anambas memiliki 255 pulau, namun 26 pulau yang telah berpenghuni.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com