SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Anambas Minta Samsat Terpisah dari Natuna

  • Reporter:
  • Kamis, 10 Januari 2019 | 15:19
  • Dibaca : 116 kali
Anambas Minta Samsat Terpisah dari Natuna
ilustrasi

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas memintan Sistem Administrasi Manungggal Satu Atap (Samsat) terpisah dari Kabupaten Natuna. Saat ini, Samsat Kabupaten Anambas masih menginduk kepada Kabupaten Natuna. Sehingga menyulitkan masyarakat dalam pengurusan balik nama kendaraan di Kabupaten Anambas.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Anambas Azwandi mengatakan, pihaknnya menagih janji Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri untuk menaikkan status Samsat di Kabupaten Anambas dan tidak lagi menginduk kepada Kabupaten Natuna.

“Samsat Anambas berstatus pembantu yang menginduk ke Kabupaten Natuna, jadi kewenangan Samsat Anambas hanya membantu cek fisik. Namun untuk bea balik nama belum bisa dilakukan karena statusnya masih Samsat Pembantu,” katanya, kemarin.

Menurut dia, peningkatan status Samsat Anambas sudah menjadi kebutuhan daerah karena masyarakat sudah banyak yang memiliki kendaraan. Namun, pihaknya menyerahkan keputusan tersebut kepada provinsi. Pemkab, kata dia, sudah sering menyurati Pemprov terkait peningkatan status tersebut, namun belum juga terealisasi sampai saat ini.

“Kami sudah berkali-kali menyurati Pemprov Kepri, memang ada balasan, kalau tim Pemprov Kepri akan turun untuk meninjau. Tapi sampai saat ini belum ada tim yang turun,” katanya.

Hingga kini, masih banyak masyarakat yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) ke Kabupaten Natuna dan Tanjungpinang. “Tidak hanya itu, bahkan banyak sepeda motor yang memiliki plat Tanjungpinang atau Batam. Ini yang disayangkan, sehingga kita ingin Anambas memiliki Samsat sendiri,” jelasnya.

Sementara, Kasatlantas Polres Anambas Iptu Boston Butar-butar mengakui pihaknya telah memiliki mesin cetak SIM dan STNK. “Mesin sudah ada, rencana kami tahun 2019 ini sudah beroperasi. Tetapi kami juga akan berkoordinasi dengan Pemda,” katanya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com