SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Anambas Waspada Demam Berdarah

  • Reporter:
  • Selasa, 29 Januari 2019 | 10:11
  • Dibaca : 222 kali
Anambas Waspada Demam Berdarah
ilustrasi

ANAMBAS – Rumah Sakit (RS) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Anambas melakukan antisipasi pencegahan penyakit demam berdarah (DBD) dengan melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Anambas Islam Malik mengatakan, salah satu langkah yang telah dilaksanakan adalah melakukan koordinasi dengan camat dan kepala desa untuk melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing. “Kita sudah instruksikan kepada masyarakat jajaran baik itu di rumah sakit maupun Puskesmas yang ada untuk mewaspadai penyakit DBD ini. Kita hanya bisa melakukan pencegahan saja dengan sosialisasi dengan masyarakat,” kata Islam, Senin (28/1).

Menurut dia, kendati di Anambas belum ada yang terinfeksi, namun di daerah lain seperti Tanjungpinang telah ada pasien terkena deman berdarah. “Hal ini kita sampaikan, karena ada peningkatan kasus DBD di provinsi. Untuk mengantisipasi itulah kita ajak masyarakat untuk hidup bersih,” ujarnya.

Fasilitas kesehatan, kata dia, diwajibkan untuk melapor 1×24 jam jika terjadi kasus tersebut dan harus memastikan cairan infus maupun penunjang lainnya tersedia di seluruh pusat pelayanan. “Tahun 2018 silam sempat terjadi dua kasus DBD di Anambas, namun dengan tindakan yang cepat tidak ada korban saat itu,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, di Kabupaten Anambas memiliki potensi terjangkit penyakit DBD karena banyak nyamuk. Penularan penyakit DBD disebabkan oleh nyamuk aedes aegepty. Mekanismenya apabila telah ditemukan maka akan dilakukan fogging untuk menetralisir penyebarannya.

“Untuk itu kita mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap curah hujan saat ini sedang tinggi maka dari itu perlu dipantau. Galakkan menguras, mengubur dan membersihkan di rumah,” ujarnya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com