SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Andy Tielman, Senior The Beatles dan Jimi Hendrix

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Maret 2017 | 10:47
  • Dibaca : 1270 kali
Andy Tielman, Senior The Beatles dan Jimi Hendrix
Andy Tielman

Andy Tielman sering disebut sebagai bapak Indorock, gaya rock and roll yang dimainkan para musisi Indonesia dekade 50-an dan 60-an. Gitaris handal ini bahkan dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam musik pop Belanda. Ia pun mematahkan kepercayaan bahwa musik rock and roll berasal dari musisi kulit putih dan hitam Amerika Serikat.

Pada 2005, Ratu Beatrix dari Belanda menganugerahi Andy Tielman bintang jasa Order of Orange Nassau. Penghargaan ini diberikan berkat kontribusi Tielman bagi perkembangan musik populer di Belanda. Sang ratu pun menjadikan The Tielman Brothers sebagai band Rock N Roll pertama di Negeri Kincir Angin itu.

Andy Tielman lahir di Makassar, pada 30 Mei 1936. Ia adalah anak dari Herman Tielman dan Flora Lorine Hess asal Kupang. Andy Tielman merupakan salah satu pionir The Tielman Brothers, sebuah grup musik tertua asal Indonesia. Selain Tielman, tiga saudaranya turut membidani kelahiran band ini, yakni Reggy, Ponthon dan Louiou.

Musik The Tielman Brothers beraliran rock and roll. Namun, orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, yang memiliki akar keroncong. Bakat musik sendiri menurun dari sang ayah, seorang kapten tentara KNIL yang sering bermain musik bersama teman-temannya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com