SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Anggota KPU Bintan Tersisa Tiga Orang

  • Reporter:
  • Kamis, 14 September 2017 | 10:54
  • Dibaca : 317 kali
Anggota KPU Bintan Tersisa Tiga Orang
ilustrasi

TOAPAYA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan berkurang dua orang, dari lima orang menjadi tiga orang berdasarkan Undang-undang (UU) Pemilu yang baru, yakni UU Nomor 7 Tahun 2017.

Berdasar UU tersebut, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa juga berkurang dari 5 orang menjadi 3 orang. Peraturan yang baru disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2017 menjadi tantangan tersendiri dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2019 mendatang. Pasalnya, kotak suara yang tadinya berjumlah 4 kotak bertambah menjadi 5 kotak suara. Selain itu, proses penghitungan surat suara hanya dilaksanakan ditingkat PPK. Dengan bertambahnya beban kerja, justru terjadi pengurangan personel KPU.

Komisioner (anggota) KPU periode 2018-2023, bila merujuk pada undang-undang itu menjadi 3 orang. Jumlah ini disesuaikan dengan jumlah pemilih. Di Kepri, hanya Kota Batam KPU beranggotakan 5 orang komisioner. ,

“Bintan dan kabupaten/kota lainnya cuma punya 3 orang komisioner,” kata Komisioner KPU Bintan, Agung saat rapat konsolidasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Kantor KPU Bintan, Rabu (13/9/2017).

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com