SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Antre Paspor Bisa Lewat Whatsapp

  • Reporter:
  • Minggu, 18 Juni 2017 | 22:31
  • Dibaca : 676 kali
Antre Paspor Bisa Lewat Whatsapp
Barisan helm warga yang antre mengurus pasport. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam mengeluarkan kebijakan baru yaitu Layanan Antrean via Whatsapp (LAW) untuk mempermudah warga dalam mengantre pengurusan paspor.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam Teguh Prayitno mengatakan langkah ini menjawab berbagai keluhan warga Batam khususnya dalam permasalahan antrian paspor yang banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

“Saya sudah perintahkan Kabid terkait masalah paspor untuk membuat inovasi pelayanan,” kata Teguh, Sabtu (17/6).

Layanan ini akan diujicoba mulai Senin (19/6) dan diharapkan tidak akan ada lagi antrean konvensional tetapi melalui aplikasi Whatsapp yang hampir semua masyarakat memilikinya.

“Kami yakin ini akan memecahkan masalah yang selama ini berkembang di media sosial terkait antrean yang katanya harus datang dini hari, banyaknya calo antrean yang menawarkan jasanya hingga dugaan penjualan nomor antrian,” imbuh Teguh.

Sementara Kepala Bidang Lalintuskim Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam Feddy M Pasya menjelaskan layanan ini berlaku bagi semua pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, kecuali untuk pengurusan penggantian paspor hilang, rusak atau ada perubahan data.

Cara kerjanya yaitu pemohon mengirimkan pesan via Whatsapp ke nomor 0822 8886 2017 atau 0822 8882 2017 pada jam pelayanan yaitu 07.30 s/d 10.00 dengan format : NAMA#TGL.LAHIR#ALAMAT + FOTO EKTP.

“Nanti sistem akan mengirimkan balasan mengenai nomor antrean, waktu serta dokumen apa saja yang harus dibawa,” ujarnya.
Setelah mendapatkan jawaban, pemohon datang ke Kantor Imigrasi 30 menit sebelum waktu yang ditentukan dengan memperlihatkan pesan jawaban yang telah diberikan kepada petugas keamanan dan menuju ke Loket Pra Permohonan untuk dicek kelengkapan dokumen, diberikan formulir dan menunggu untuk proses wawancara.

Sangat mudah dan cepat tanpa harus datang pada dini hari lalu mengantre lama di luar kantor, yang pasti layanan ini bebas dari calo. Sedangkan bagi warga yang sakit atau lansia bisa datang langsung dan kami akan layani,” kata Feddy.

Layanan ini adalah yang pertama di Indonesia dan untuk pendaftaran perdana dapat dilakukan pada hari Minggu, 18 Juni 2017, pukul 10.00 s/d 12.00. “Kami minta masyarakat agar mengikuti jam pelayanan yang telah ditentukan agar dapat dilayani,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com