SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Apindo Gugat Gubernur

  • Reporter:
  • Senin, 25 Juni 2018 | 08:49
  • Dibaca : 298 kali
Apindo Gugat Gubernur
Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Menpan RB Asman Abnur bersama Ketua Apindo Kepri Cahya berdiskusi tentang perekenomian Kepri.

BATAM – Sejumlah asosiasi pengusaha di Batam akan menggugat Surat Keputusan (SK) Gubernur Kepri Nomor 804 Tahun 2018 tentang Penetapan Upah Minimum Sektor (UMS) Kota Batam 2018. Pengusaha menilai ada kesalahan prosedur dan memberatkan dunia usaha.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri Cahya mengatakan pihaknya akan menggugat SK Gubernur soal UMS Batam 2018 ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Ia menilai Gubernur telah memaksakan keputusan tersebut tanpa memperhatiakan keberatan para pengusaha yang sebelumnya sudah menyampaikan padangannya terkait dengan UMS tersebut.

“Kami tetap akan menggugat. Ini bukan masalah nilainya, tapi kami menganggap Pak Gubernur telah menyalahi dan mengabaikan PP 78 dalam penetapan UMS,” kata Cahya, Minggu (24/6/2018).

Dijelaskannya, sesuai dengan PP 78/2015, UMS ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dengan serikat pekerja. Sedangkan sampai saat ini, pelaku usaha belum pernah menyatakan sepakat terkait dengan penetapan UMS tersebut. Sehingga pihaknya menilai bahwa SK tersebut secara sepihak dipaksakan oleh Gubernur Kepri.

Kemudian dalam aturan yang ada, UMS ditetapkan hanya untuk sektor-sektor unggulan. Namun kenyataannya, kata Cahya, di dalam SK tersebut Gubernur menetapkan sekitar 100 sektor bidang usaha yang menjadi unggulan. Itu sebabnya, pihaknya menilai perlu mempertanyakan dasar parameter yang digunakan oleh pemerintah dalam menetapkan sektor unggulan tersebut.

“Dasarnya apa? Apakah galangan kapal yang lagi terpuruk saat ini juga dijadikan sektor unggulan?” tanyanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kepri Tagor Napitupulu mempersilakan kepada Apindo bila akan melakukan gugatan atau menyampaikan keberatan atas penetapan UMS Kota Batam 2018 tersebut.

“Itu hak mereka (Apindo), bila merasa keberatan dan akan mengajukan gugatan dan keberatan,” katanya menanggapi keberatan Apindo di Tanjungpinang, Minggu (24/6/2018). ahmad rohmadi/sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com