SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Aplikasi Disiapkan Telkomsel, E-Parkir Diberlakukan Februari

  • Reporter:
  • Kamis, 10 Januari 2019 | 16:21
  • Dibaca : 284 kali
Aplikasi Disiapkan Telkomsel, E-Parkir Diberlakukan Februari
Juru parkir mengatur parkir di kawasan Baloi, kemarin. Dishub Batam mulai Januari ini telah menerapkan e-parkir untuk retribusi parkir tepi jalan. f teguh prihatna

LUBUKBAJA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam akan segera memberlakukan sistem parkir elektronik atau e-parkir tepi jalan. Rencananya mulai Februari nanti warga bisa membayar parkir dengan T-Cash. Uang elektronik produk Telkomsel ini dapat digunakan untuk bayar parkir di 100 titik.

“Titiknya tersebar di Batam Centre dan beberapa di Nagoya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (9/1).

Menurut Rustam, seluruh aplikasi disiapkan oleh Telkomsel. Keuntungan bagi pemerintah dihitung dengan kuota. Dalam pelaksanaannya nanti setiap bulan juru parkir (jukir) akan diberikan kuota seharga Rp55 ribu, bisa untuk telepon dan internet termasuk penggunaan T-Cash.

“Nanti jukirnya pakai perangkat handphone android. Diadakan oleh Telkomsel,” ujarnya.

Ia mengaku belum menghitung berapa potensi yang bisa didapat dengan sistem parkir dalam jaringan (daring) atau online ini. Saat ini tim Dishub sedang menyusun draf perjanjian kerja sama dengan Telkomsel.

“Sesegera mungkin. Paling lambat awal Februari harus jalan,” katanya.

Rustam mengatakan, Batam memiliki potensi 620 titik parkir. Namun belum seluruhnya terkelola, sebagian masih dalam tahap dijajaki.

“Yang terkelola 450-an titik. Yang belum terkelola itu karena belum ramai dan sebagainya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Dishub Batam belum bisa menerapkan sistem parkir elektronik atau e-parkir tepi jalan, dikarenakan aplikasi yang akan digunakan sedang dalam perbaikan. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir Batam, Jeksel Alexander Banik mengatakan, aplikasi e-parkir mengalami masalah saat uji coba yang dilakukan Dishub di kawasan Batam Center dan Nagoya.

Dishub Batam belum bisa memastikan kapan akan dilakukan penerapan parkir elektronik. “Saat ujicoba kemarin, sistem aplikasi e-parkir tidak bisa dan harus mengalami perbaikan,” ujarnya, Senin (7/1).

Menurut dia, perbaikan dilakukan karena juru parkir mengalami kendala dalam penerapan, sehingga pihak Dishub dan Telkomsel melakukan inovasi terhadap aplikasi tersebut.

“juru parkir maunya tidak ribet, jadi kami melakukan perubahanlah sedikit,” kata Alex.

Bila sudah selesai diperbaiki, Dishub segera melakukan penerapan e-parkir di Batam Center dan Nagoya. Setelah itu, penerapan akan dilakukan di seluruh Batam. “Sesegera mungkin akan kami terapkan,” katanya.

Alex menjelaskan, juru parkir tidak ada alasan lagi untuk tidak menerapkan parkir elektronik, karena selama ini pendapatan pemerintah dari sektor parkir tepi jalan masih jauh dari target.

“Dengan adanya e-parkir ini, pendapatan pemerintah akan diketahui. Sehingga, tidak ada lagi uang parkir itu ditilap,” katanya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com