SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Arus Balik, Penumpang ke Batam Paling Banyak

  • Reporter:
  • Senin, 3 Juli 2017 | 08:50
  • Dibaca : 435 kali
Arus Balik, Penumpang ke Batam Paling Banyak
Penumpang tengah bersiap turun ke kapal tujuan Batam, Minggu (2/7). Tujuan Batam merupakan rute pelayaran paling padat di Pelabuhan Tanjungbatu. Foto Abdul Gani

KUNDUR – Puncak arus balik di Unit Penyelenggara Pelabuhan (UUP) Kelas II Tanjungbatu, Minggu (2/7) terlihat sepi. Kapal yang membawa penumpang ke berbagai tujuan lebih lengang dari hari sebelumnya.

Kasi Gamat Kantor UPP Tanjungbatu Kelas II Eko Aris mengatakan, kepadatan arus balik terjadi sejak sehari setelah lebaran. Ia menilai puncaknya terjadi Sabtu (1/7). Hanya saja, ia mengaku belum bisa mengetahui jumlah penumpang yang berangkat.

“Rata-rata keberangkatan dari H + 1 sampai sekarang berkisar 2.400 orang per hari. Jumlah tersebut juga sama dengan penumpang yang mudik,” ujarnya.

Adapun tujuan paling banyak adalah Batam yakni lebih dari 1.000 orang per hari. Selanjutnya Penyalai dan Guntung di Riau. Sedang tujuan paling sedikit adalah Tanjungpinang. Kondisi ini sama dengan arus balik.

Untuk pengamanan arus mudik dan arus balik, Eko mengaku dibantu pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan beberapa instansi lainnya.

“Dipastikan hari ini, Senin (3/7) kondisi pelayaran kembali normal dan tidak terjadi kepadatan penumpang,” katanya.

Menurut dia, dalam pelayaran arus mudik dan balik ini ada dua jalur yang perlu diwaspadai seluruh nakhoda kapal. Yakni tujuan Batam tepatnya di Selat Durian dan perairan antara Pulau Burung-Provinsi Riau berbatasan dengan Tanjungbatu.

Ketinggian gelombang kedua jalur itu rata-rata antara 1,5 meter sampai dua meter ketika cuaca buruk. “Kami sudah ingatkan nakhoda agar tetap waspada,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com