SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Asap dari Pembakaran Lahan Tutupi Akses ke Pantai Trikora

  • Reporter:
  • Selasa, 2 Mei 2017 | 10:11
  • Dibaca : 470 kali
Asap dari Pembakaran Lahan Tutupi Akses ke Pantai Trikora
Sebuah mobil menerobos asap tebal yang menutupi akses ke Pantai Trikora, Senin (1/5). novel m sinaga

GUNUNG KIJANG – Akses menuju pantai Trikora tepatnya di Jalan Wisata Bahari KM 33, Kawal, Kecamatan Gunung Kijang terhalang asap tebal, Senin (1/5). Asap berasal dari kebakaran lahan ditumbuhi rumput ilalang dan pohon kelapa yang diduga sengaja dibakar oleh pemilik lahan.

Pantauan di lapangan, luas lahan terbakar pun cukup luas sekitar lima hektare. Api pun cepat merambat, akibat cuaca terik panas matahari dan kondisi rumput kering hingga menimbulkan kepulan asap cukup tebal.

Akibatnya, beberapa kendaraan bermotor saat melintasi jalan ini pun harus melambatkan lajunya guna menghindari kecelakaan lalu lintas. Karena jarak pandang akses ke tempat wisata pantai Trikora hanya 5-10 meter. Sebagian pengendara tampak memilih berhenti dan memarkirkan kendaraannya, di sisi jalan, menunggu asap hilang.

“Lebih baik nunggu asapnya hilang, dari pada memaksakan jalan terus, bisa-bisa tabrakan, karena jalan sama sekali tidak kelihatan, pasang lampu kabut juga gak tembus, asapnya tebal,” ujar Roni salah satu pengendara ditemui di lokasi.

Sementara, Ramdan salah satu warga sekitar yang melintas mengatakan, pembakaran lahan di sekitar lokasi tersebut sudah hal lumrah. Menurut dia, pemilik lahan biasa membakar rumput ilalang jika ingin memanfaatkan lahannya.

“Saya tidak tahu lahan itu milik siapa, tapi biasanya ada yang jaga. Mereka kadang bakar ilalang keringnya kemudian ditanami pohon pepaya di sekitar pohon kelapa,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com