SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

ASN Berpolitik Siap-Siap Disanksi

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Januari 2020 | 10:12
  • Dibaca : 57 kali
ASN Berpolitik Siap-Siap Disanksi
Ketua Banwaslu Karimun Nurhidayat menyosialisasikan aturan ASN dalam pemilu di Karimun, kemarin. /ERNIS HUTABARAT

KARIMUN – Ketua Banwaslu Karimun Nurhidayat meminta semua Aparatur Sipil Negara (AS) menjaga netralitas dalam Pilkada nanti. Pihaknya terus menyosialisasikan hal ini kepada TNI-Polri dan pegawai di lingkungan pemerintahan.

“ASN wajib netral serta dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan kepada salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis,” kata Nurhidayat, Selasa (14/1).

Ketua Bawslu Karimun yang juga membidangi divisi pengawasan dan hubungan antarlembaga ini juga berharap ASN tidak melanggar larangan tersebut demi terciptanya pilkada yang jujur dan adil serta menjaga Kabupaten Karimun yang selama ini selalu kondusif

Ia menegaskan, ada dasar Undang-undang yang menegaskan tentang regulasi terhadap ASN pada Pilkada. Dalam aturan tersebut dijelaskan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang berlaku atau Undang-undang ASN, pasal 71 ayat 1 Undang-undang Tahun 2016 tersebut sebagai mana yang diatur dalam pasal 188, pelanggaran atas pasal 71 ayat 1 yang dilakukan dengan sengaja diancam pidana penjara paling singkat 1 bulan atau paling lama 6 bulan dan/atau denda paling sedikit Rp600.000 atau paling banyak Rp6.000.000.

“Ada konsekeunsi jika aturan itu dilanggar,” tegasnya.

ernishuatabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com